Waspada 6 Komplikasi Diabetes, Bisa Bikin Kebutaan Hingga Kematian

Posted on

Waspada 6 Komplikasi Diabetes, Bisa Bikin Kebutaan Hingga Kematian

Waspada 6 Komplikasi Diabetes, Bisa Bikin Kebutaan Hingga Kematian yashodahospitals.com

Diabetes merupakan penyakit yang disebabkan tingginya kadar gula darah. Faktor risiko terjadinya diabetes antara lain adalah pola makan tidak sehat, jarang atau tidak pernah berolahraga, dan berat badan berlebih atau obesitas. Gejala diabetes antara lain sering makan, sering haus, sering buang air kecil, dan berat badan turun. Untuk mendiagnosisnya perlu dilakukan pemeriksaan kadar gula darah secara rutin.

Gejala yang tidak spesifik ini membuat diabetes sering tidak disadari oleh penderitanya sampai menimbulkan komplikasi, sehingga diabetes disebut silent killer. Tingginya kadar gula darah jika tidak segera ditangani bisa menimbulkan bahaya organ tubuh lain dan menyebabkan terjadinya komplikasi. Berikut beberapa komplikasi diabetes yang perlu diwaspadai.

1. Gangguan pada mata

Waspada 6 Komplikasi Diabetes, Bisa Bikin Kebutaan Hingga Kematianverywellhealth.com

Komplikasi pada mata akibat diabetes disebut retinopati diabetik. Tingginya kadar gula darah pada penderita diabetes bisa merusak pembuluh darah pada retina mata. Retina mata berfungsi menangkap bayangan benda.

Jika terjadi kelainan pada pembuluh darah retina maka penglihatan bisa menjadi buram. Jika tidak segera ditangani maka bisa menyebabkan kebutaan. Rusaknya pembuluh darah mata karena diabetes juga meningkatkan penyakit katarak dan glaukoma. Sehingga penderita diabetes sebaiknya juga rutin memeriksakan mata.

2. Penyakit jantung

Waspada 6 Komplikasi Diabetes, Bisa Bikin Kebutaan Hingga Kematianhealthmart.com

Kadar gula darah yang tinggi dalam jangka waktu lama dapat merusak pembuluh darah di jantung. Hal ini akan mengganggu peredaran darah di jantung sehingga menggangu kerja jantung. Jika tidak segera ditangani maka bisa menyebabkan gagal jantung dan serangan jantung yang bisa menyebabkan kematian.

3. Stroke

Waspada 6 Komplikasi Diabetes, Bisa Bikin Kebutaan Hingga Kematianexpress.co.uk

Pembuluh darah di otak juga bisa rusak akibat kadar gula darah yang tinggi. Jika suplai darah ke otak berkurang maka akan menyebabkan gangguan fungsi otak dan terjadi stroke.

Baca Juga: Jangan Terlambat, Ini 10 Gejala Diabetes yang Harus Segera Kamu Sadari

4. Kerusakan ginjal

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editors’ picks

  • Waduh, 7 Hal Ini Akan Terjadi kalau Kamu Sering Tidak Mandi Sore Lho!
  • 7 Kebiasaan Ini Dapat Menyebabkan Payudara Mengendur, Segera Hindari!
  • 7 Fakta Cystic Fibrosis, Penyakit yang Ada di Film Five Feet Apart
Waspada 6 Komplikasi Diabetes, Bisa Bikin Kebutaan Hingga Kematianrenalandurologynews.com

Gangguan ginjal akibat diabetes disebut nefropati diabetik. Penyakit ini ditandai dengan gejala sering buang air kecil, nafsu makan turun, mata bengkak, lemas, mual dan muntah, dan bengkak pada kaki.

Diabetes dapat menyebabkan kerusakan pada bagian ginjal yang disebut nefron. Nefron berfungsi menyaring zat-zat yang tidak dibutuhkan dari darah. Sehingga jika terjadi kerusakan maka zat yang seharusnya dibuang bisa tetap ada dalam darah dan menimbulkan bahaya untuk tubuh. Jika tidak segera ditangani maka akan menyebabkan gagal ginjal dan penderitanya harus melakukan cuci darah.

5. Kerusakan saraf

Waspada 6 Komplikasi Diabetes, Bisa Bikin Kebutaan Hingga Kematianhealthlibrary.in

Kerusakan saraf akibat komplikasi diabetes disebut neuropati diabetik. Tinggi kadar gula darah selain merusak pembuluh darah juga bisa merusak saraf. Saraf yang terkena bisa hanya satu tempat namun dalam keadaan lanjut bisa menyerang berbagai sistem saraf.

Gejalanya bisa berupa nyeri pada kaki, punggung, paha atau bagian tubuh lain. Penglihatan terganggu dan sakit pada bagian belakang mata. Jika mengenai saraf wajah maka akan terjadi lumpuh pada bagian wajah.

Gangguan saraf juga bisa terjadi pada saraf yang mengatur fungsi tubuh. Misalnya gangguan saraf pencernaan sehingga penderita merasakan kembung, mual, dan diare. Selain itu sistem saraf tepi juga bisa terganggu sehingga mengakibatkan sering kesemutan atau rasa terbakar pada kaki, otot terasa lemas, terasa kram atau nyeri, dan kebas atau mati rasa.

6. Masalah kulit dan kaki

Waspada 6 Komplikasi Diabetes, Bisa Bikin Kebutaan Hingga Kematiananiuk.ro

Kerusakan pembuluh darah pada penyakit diabetes bisa terjadi pada pembukuh darah seluruh tubuh. Gangguan peredaran darah ke kaki akibat diabetes menyebabkan kaki mudah terluka. Karena kaki adalah bagian yang paling sering terkena tekanan baik karena sepatu atau saat jalan.

Penderita diabetes sering tidak menyadari terjadinya luka pada kulitnya karena gangguan saraf. Hal itu menyebabkan luka tidak segera ditangani dan bertambah parah sehingga membentuk ulkus atau borok bahkan gangren jaringan yang membusuk. Jika kerusakan sudah sangat parah bahkan harus diamputasi.

Sudah tahu kan komplikasi diabetes? Mulai sekarang jaga pola hidup sehat yuk, agar terhindar dari penyakit diabetes. Dan jangan lupa untuk memeriksakan kadar gula darahmu ya.

Baca Juga: 7 Makanan Penyebab Diabetes yang Paling Sering Dikonsumsi, Waspada!

Wiwit Widiastuti Photo Community Writer Wiwit Widiastuti

Full time mother, part time doctor. Alumni FK Unpad, suka membaca dan menulis. Terima Kasih sudah membaca tulisan saya, semoga bermanfaat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Telah dipublish di lIDNTimes