Jangan Takut Gemuk, Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Rajin Makan Cokelat

Posted on

Jangan Takut Gemuk, Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Rajin Makan Cokelat

Jangan Takut Gemuk, Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Rajin Makan Cokelat en.mogaznews.com

Cokelat, siapa yang enggak suka dengan makanan satu ini? Bisa dibilang, di dunia ini semua orang suka cokelat. Selain dimakan langsung dalam bentuk cokelat batangan, cokelat juga enak diolah menjadi berbagai makanan dan minuman mulai dari cake, sampai es krim.

Anehnya meski hampir semua orang suka makan cokelat, tapi tidak sedikit orang terutama mereka yang sedang diet berusaha berhenti untuk makan cokelat. Alasannya apalagi kalau bukan karena takut berat badannya akan bertambah.

Well, cokelat mungkin bisa membuat kamu gemuk jika dikonsumsi secara berlebihan. Tapi tidak berarti kamu harus berhenti makan cokelat. Sebaliknya, kamu justru harus rajin makan cokelat lho! Kenapa begitu? Berikut ini lima alasan kenapa kamu harus rajin makan cokelat!

1. Cokelat mengandung banyak zat antioksidan

Jangan Takut Gemuk, Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Rajin Makan Cokelatunsplash.com/Richard Jaimes

Selama ini antioksidan selalu diidentikkan dengan teh hijau. Memang teh hijau mengandung antioksidan yang tinggi, tapi enggak kalah dengan teh hijau ternyata cokelat juga memiliki kandungan yang sama.

Cokelat hitam dikenal memiliki kandungan antioksidan yang tinggi bahkan lebih tinggi dari apel. Dengan mengonsumsi cokelat, bukan hanya dapat melindungi kamu dari penyakit mematikan seperti kanker tapi juga melindungi kulit kamu dari penuaan dini.

2. Mengkonsumsi cokelat bisa membuat kamu happy lagi

Jangan Takut Gemuk, Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Rajin Makan Cokelatunsplash.com/Lidya Nada

Bukan rahasia lagi jika cokelat mampu memperbaiki mood kamu. Ini karena cokelat mengandung zat kimia bernama phenylethylamine yang juga diciptakan oleh otak saat kamu sedang jatuh cinta. Dengan kata lain, cokelat dapat memberikan efek perasaan yang sama seperti saat kamu jatuh cinta.

Kandungan phenylethylamine juga akan membuat tubuh melepaskan hormon kebahagiaan bernama endorfin dan membuat perasaan kita jadi terasa lebih baik setelah mengkonsumsinya.

Baca Juga: 7 Resep Kue Coklat Tanpa Menggunakan Oven, Endes Banget!

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editors’ picks

  • 5 Inovasi Bakpia Jogja yang Tengah Hits, Diburu Banyak Wisatawan!
  • 6 Kreasi Ketan dari Buah-buahan yang Segar, Coba Deh! 
  • 6 Alat Penyeduh Kopi Ala Kafe yang Bisa Kamu Gunakan di Rumah 

3. Cokelat sangat baik untuk jantung

Jangan Takut Gemuk, Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Rajin Makan Cokelatunsplash.com/Nick Fewings

Bukan cuma baik untuk kulit, cokelat juga memberikan efek yang baik bagi jantung. Mengkonsumsi satu ons dark chocolate setiap minggu dapat mengurangi resiko jantung tidak teratur sebanyak 20 persen.

Biji kakao yang merupakan bahan utama dalam membuat cokelat mengandung senyawa anti inflamasi yang dapat mengembalikan fleksibilitas jantung dan mencegah sel darah putih menempel ke dinding pembuluh darah yang jadi penyebab utama terjadinya penyumbatan.

4. Bukannya naik, mengonsumsi cokelat justru membuat berat badan kamu turun

Jangan Takut Gemuk, Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Rajin Makan Cokelatunsplash.com/i yunmai

Banyak orang enggan makan cokelat karena takut gemuk. Tapi sebaliknya, mengonsumsi cokelat terutama cokelat hitam 20 menit sebelum makan dan membiarkannya meleleh di mulut ternyata bisa membuat kamu merasa kenyang. Alhasil kamu yang tadinya mau makan banyak “terpaksa” harus mengurangi porsi makan agar tidak kekenyangan.

5. Selain mencegah penyakit jantung, cokelat juga dapat mengurangi resiko terkena diabetes

Jangan Takut Gemuk, Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Rajin Makan Cokelatunsplash.com/Charisse Kenion

Selain menaikkan berat badan, mengkonsumsi cokelat atau makanan manis juga bisa menjadi pemicu penyakit diabetes. Untungnya hal itu tidak akan terjadi selama kamu mau menjaga jumlah cokelat yang kamu konsumsi. Bahkan mengkonsumsi cokelat hitam dalam jumlah sedang justru dapat meningkatkan insulin yang dapat mencegah munculnya penyakit diabetes. 

See, ternyata cokelat juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh dengan catatan kamu tidak mengkonsumsi cokelat secara berlebihan. 

Baca Juga: Es Coklat Tambah Umur, Minuman Legendaris di Surabaya Sejak 1950

Lia Photo Community Writer Lia

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Dari Publikasi IDNTimes