6 Tips Mengupas Kacang Almond, Gampang & Gak Bikin Mahal!

Posted on

6 Tips Mengupas Kacang Almond, Gampang & Gak Bikin Mahal!

6 Tips Mengupas Kacang Almond, Gampang & Gak Bikin Mahal! healthline.com

Kacang almond kerap diolah sebagai topping, campuran untuk bahan membuat kue, ataupun disajikan untuk sekadar camilan. Akan tetapi, kacang almond cenderung susah diolah lantaran kulit ari-nya yang sulit dikupas. Alhasil, harganya pun relatif lebih mahal apabila membeli kacang almond yang sudah dikupas. Jangan khawatir, coba ikuti tips berikut untuk mengupas kacang almond-mu sendiri. Bisa lebih irit di kantong, deh!

1. Pilih kacang almond yang masih mentah

6 Tips Mengupas Kacang Almond, Gampang & Gak Bikin Mahal!foodrevolution.org

Saat membeli, pastikanlah bahwa kacang almond tersebut masih mentah dan tawar. Misalnya, kacang almond itu belum dipanggang, diasinkan, ataupun diminyaki.

2. Didihkan air di dalam panci kecil

6 Tips Mengupas Kacang Almond, Gampang & Gak Bikin Mahal!thermofisher.com

Pemilihan panci berukuran kecil dimaksudkan supaya lebih mudah menyaring kacang almond kelak. Gunakan pula air yang sudah matang, lalu didihkan kembali. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir kontaminasi mikroba yang berbahaya.

3. Rebus kacang almond selama 1 menit

6 Tips Mengupas Kacang Almond, Gampang & Gak Bikin Mahal!bbcgoodfood.com

Saat air sudah mendidih, masukkan kacang almond dan rebus selama satu menit. Sebab teskturnya akan menjadi lembek jika direbus terlalu lama, lho. Selanjutnya, angkat kacang almond tersebut dan rendam sebentar di dalam air dingin untuk menghentikan proses pemasakan dari panas yang tersisa. 

Baca Juga: 5 Cara Paling Cepat Mengupas dan Potong Mangga, Gak Sampai Semenit!

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editors’ picks

  • 10 Makanan Tradisional Thailand yang Bisa Bikin Kalap
  • 6 Fakta Tuna, Ikan Bergizi Kebanggan Perikanan Indonesia
  • Resep Bikin Scrambled Egg ala Chrissy Teigen, Kesukaan John Legend!

4. Tiriskan kacang almond dan usap kulitnya

6 Tips Mengupas Kacang Almond, Gampang & Gak Bikin Mahal!healthline.com

Tiriskan kacang almond menggunakan saringan ataupun wadah berlubang. Rasa-rasakan hingga kacang almond tersebut sudah cukup dingin untuk dipegang. Selain itu, seka atau usap juga kulitnya supaya kerutannya lebih tampak. Tujuannya, untuk memudahkan saat dikupas nanti.

5. Segera kupas kacang almond selagi hangat

6 Tips Mengupas Kacang Almond, Gampang & Gak Bikin Mahal!organicfacts.net

Lekas kupas kacang almond tersebut selagi hangat dengan menggosok-gosok kulitnya ataupun dengan bantuan alat. Pasalnya, kacang almond yang sudah terlanjur dingin akan lebih sulit dikupas. Nah, didihkan saja kembali sekitar 30 detik jika kulitnya sudah sangat menempel.

6. Keringkan kacang almond sebelum disimpan

6 Tips Mengupas Kacang Almond, Gampang & Gak Bikin Mahal!economictimes.indiatimes.com

Setelah dikupas hingga bersih, keringkanlah kacang almond tersebut dengan cara menjemurnya di bawah sinar matahari selama 30 menit – 1 jam. Pastikan airnya sudah kering sempurna supaya tak malah berjamur dan bertekstur alot saat disimpan nanti.

Yuk, dipraktekkan segera!

Baca Juga: Ini 7 Manfaat Kesehatan yang Bisa Kamu Dapatkan dari Susu Almond

Rahmadila Eka Putri Photo Community Writer Rahmadila Eka Putri

Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Dari Publikasi IDNTimes