Jangan Terlambat, Ini 10 Gejala Diabetes yang Harus Segera Kamu Sadari

Posted on

Jangan Terlambat, Ini 10 Gejala Diabetes yang Harus Segera Kamu Sadari

Jangan Terlambat, Ini 10 Gejala Diabetes yang Harus Segera Kamu Sadari theconversation.com

Diabetes adalah salah satu penyakit yang sulit dideteksi gejala awalnya. Hal ini dikarenakan gejala awal diabetes seringkali dianggap sebagai hal yang biasa, misalnya berat badan menurun atau kebiasaan sering buang air kecil.

Nah karena gejala awal yang tidak ditindaklanjuti inilah, banyak penderita diabetes yang tidak sadar bahwa ia seharusnya sudah menerima pengobatan. Oleh karena itu, sangat perlu untuk menyadari gejala-gejala yang menunjukkan penyakit diabetes sejak awal. Apa saja gejalanya? Simak penjelasannya berikut inI!

1. Berat badan turun secara signifikan

Jangan Terlambat, Ini 10 Gejala Diabetes yang Harus Segera Kamu Sadaripixabay.com/PublicDomainPictures

Berat badan yang turun tanpa sebab sebaiknya tidak membuat kamu merasa senang dulu. Pasalnya, berat badan yang turun haruslah disebabkan hal-hal tertentu, misalnya diet atau olahraga tertentu. Sementara, berat badan yang turun tanpa sebab justru harus dicurigai karena bisa jadi merupakan salah satu tanda atau gejala penyakit diabetes tipe 1.

Hal ini dikarenakan seseorang yang sudah terkena diabetes, tubuhnya tidak mampu lagi mengolah glukosa dengan baik. Akibatnya, tubuh pun akan menggunakan cadangan lemak sebagai sumber energi. Hal tersebutlah yang menyebabkan seseorang kehilangan berat badan atau menjadi kurus secara mendadak.

2. Buang air kecil menjadi lebih sering

Jangan Terlambat, Ini 10 Gejala Diabetes yang Harus Segera Kamu Sadarimonobind.com

Sering buang air kecil? Rutinitas buang air kecil sudah tidak wajar? Nah, kamu harus berhati-hati nih! Buang air terlalu sering bisa jadi gejala awal bahwa seseorang tengah mengidap penyakit diabetes. Dalam dunia medis, kondisi pasien menjadi sering membuang air kecil disebut dengan poliuria.

3. Sering merasa haus, namun tidak wajar

Jangan Terlambat, Ini 10 Gejala Diabetes yang Harus Segera Kamu Sadaripixabay.com/silviarita

Konsumsi cairan memang bagus bagi tubuh. Namun jika kamu selalu merasa haus tanpa sebab yang jelas sepanjang hari, ini harus diwaspadai. Pasalnya rasa haus yang muncul terus-menerus merupakan akibat dari tubuh yang kehilangan air. Kasus ini bisa disebabkan oleh poliuria (terlalu sering buang air kecil), sehingga seseorang menjadi sangat membutuhkan pasokan cairan tubuh dan merasa haus.

4. Kemampuan penglihatan semakin lemah

Jangan Terlambat, Ini 10 Gejala Diabetes yang Harus Segera Kamu Sadaripixabay.com/Free-Photos

Penyakit diabetes terjadi ketika tingkat glukosa dalam darah meningkat. Salah satu gejala yang muncul adalah ketika penglihatanmu terasa semakin kabur. Glukosa tersebut akan menumpuk di sekitar lensa mata mengakibatkan penglihatan sering menjadi tidak fokus. Jadi, jika sekarang kamu merasa penglihatanmu semakin melemah, sebaiknya periksakan ke dokter untuk mengetahui kemungkinan penyebabnya adalah penyakit diabetes.

5. Mengalami penggelapan warna kulit di bagian-bagian tertentu

Jangan Terlambat, Ini 10 Gejala Diabetes yang Harus Segera Kamu Sadaripixabay.com/Kjerstin_Michaela

Perlu waspada jika bintik-bintik gelap mulai muncul di area kulit. Biasanya bintik-bintik ini mulai muncul di daerah sekitar leher. Bintik-bintik yang muncul dan perubahan warna kulit ini bisa menjadi indikasi dari penyakit diabetes. Hal ini lantaran tubuh merespon insulin dengan menghasilkan lebih banyak pigmen yang mengakibatkan beberapa bagian dari kulit menjadi lebih gelap.

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editors’ picks

  • Hasil Tes Positif padahal Gak Pernah Minum Alkohol? Ini 7 Alasannya!
  • Sudah Tahu? Inilah 7 Efek yang Dirasakan Tubuh Kalau Makan Bakaran
  • Jarang Diketahui, Ini 7 Bahaya yang Timbul Saat Menggunakan Korset

Baca Juga: 7 Makanan Penyebab Diabetes yang Paling Sering Dikonsumsi, Waspada!

6. Meski minim aktivitas, kamu menjadi mudah lelah

Jangan Terlambat, Ini 10 Gejala Diabetes yang Harus Segera Kamu Sadaripixabay.com/RobinHiggins

Jika kamu merasa mudah lelah meski tidak beraktivitas secara berlebihan, kamu harus waspada. Pasalnya, hal ini bisa menjadi salah satu gejala kamu mengidap penyakit diabetes.

Kelelahan yang dirasakan tubuhmu erat kaitannya dengan produksi insulin dan sistem glukosa di dalam tubuh. Ketika tingkat glukosa dalam tubuh tinggi, sementara produksi insulin tidak mencukupi, tubuh tidak akan mendapat asupan energi yang cukup. Hal ini mengakibatkan otot-otot tubuhmu kekurangan energi dan kamu pun merasa cepat lelah meski tidak melakukan aktivitas yang berlebihan.

7. Sering merasa lapar meskipun sudah makan dengan teratur

Jangan Terlambat, Ini 10 Gejala Diabetes yang Harus Segera Kamu Sadaripixabay.com/RitaE

Sering merasa lapar juga merupakan salah satu gejala kecenderungan menderita diabetes. Hal ini terjadi karena kadar insulin yang membuat orang merasa menjadi lebih mudah lapar meskipun sudah makan banyak daripada biasanya. Dorongan ini secara medis disebut dengan polifagia.

8. Ketika mengalami luka, butuh waktu lama untuk sembuh

Jangan Terlambat, Ini 10 Gejala Diabetes yang Harus Segera Kamu Sadaripixabay.com/saulhm

Luka pada tubuh sebaiknya tidak diabaikan. Ketika luka pada tubuhmu sulit sembuh atau butuh waktu lama untuk sembuh, kamu harus waspada. Pasalnya, luka yang sulit sembuh atau kering adalah salah satu gejala penyakit diabetes. Bahkan, bagi mereka yang menderita diabetes, luka di tubuh seringkali lebih cepat memburuk bahkan menimbulkan infeksi lho. 

9. Sering mengalami inveksi vagina dan saluran kemih

Jangan Terlambat, Ini 10 Gejala Diabetes yang Harus Segera Kamu Sadaripixabay.com/silviarita

Ketika melebihi batasan tertentu di dalam tubuh, glukosa akan menyebabkan tubuh mengalami infeksi berkala. Infeksi yang sering terjadi utamanya pada vagina dan saluran kandung kemih. Nah khususnya kamu para cewek harus lebih waspada nih. Infeksi pada vagina dan saluran kandung kemih ini juga disebutkan lebih banyak terjadi pada wanita lho!

10. Kaki menjadi mati rasa saat ditusuk jarum

Jangan Terlambat, Ini 10 Gejala Diabetes yang Harus Segera Kamu Sadaripixabay.com/andreas160578

Indikasi dari gejala diabetes yang patut diwaspadai adalah menurunnya fungsi saraf yang menyebabkan hilangnya sensasi sakit pada tungkai kaki atau sering disebut dengan kesemutan. Sebaiknya jangan menganggap enteng ketika kaki sering kesemutan atau bahkan mati rasa ketika ditusuk jarum. Hal itu bisa saja menunjukan bahwa saraf-saraf kakimu sudah mulai kehilangan fungsinya karena penyakit diabetes.

Yang pasti, masih muda bukan berarti kamu terbebas dari penyakit diabetes. Hasil penelitian terbaru menunjukan bahwa diabetes juga ditemukan pada anak muda bahkan anak-anak. Untuk itu gak ada salahnya ‘kan kalau kamu mulai waspada dan berhati-hati dengan kondisi tubuhmu sendiri.

Baca Juga: Dianggap Masuk Angin, 5 Gejala Serangan Jantung yang Mengancam Nyawa

Pagi Kusumardani Photo Community Writer Pagi Kusumardani

When in doubt, pray it out!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Telah dipublish di lIDNTimes