Jangan Remehkan Manfaat Tertawa untuk Kesehatan

Posted on

Jangan Remehkan Manfaat Tertawa untuk Kesehatan
Ilustrasi pasangan

Liputan6.com, Jakarta Tertawa lepas bisa jadi obat ampuh banyak penyakit. Paling tidak untuk sementara waktu rasa sakit sempat hilang.

Dr Rajendra Narayan Sharma dari Apollo Clinics mengungkap beberapa manfaat kesehatan dari tertaWa, seperti dilansir oleh Health Me Up berikut ini.

Baca Juga

  • Prabowo: Saya Tidak Kritik TNI, Tapi…
  • Megawati dan Puan Maharani Akan Hadiri Rapat Umum PDIP di Solo
  • BPN Sebut Publik Tersihir dengan Penampilan Prabowo dalam Debat Capres

1. Otak lebih rileks

Tawa bisa memberikan efek antistres selama 30 – 45 menit pada tubuh, otak, dan sistem saraf manusia.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Tertawa ditengarai mampu melepaskan T-cell dan sel pembunuh yang bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa tertawa bisa menguatkan sistem imun dan bahkan bisa digunakan dalam memerangi kanker.

 

3. Mengurangi stres

Tertawa juga bisa meredakan depresi dan stres yang disebabkan oleh gaya hidup. Misalkan ketika Anda mengalami stres saat bekerja atau mengalami depresi akibat masalah yang menumpuk. Dengan tawa, Anda bisa mengurangi stres dan depresi tersebut.

4. Ibu hamil lebih bahagia

Dr Shilpa Apte dari Appolo Cradle juga mengungkap efek tawa pada calon ibu dan janin dalam kandungannya. Tawa yang dialami ibu bisa memberikan efek yang positif pada bayi yang dikandungnya. Ketika ibu bahagia dan sering tertawa, maka tingkat stres yang dirasakan calon ibu juga menurun. Dengan begitu, hal ini akan membantu pertumbuhan bayi dalam kandungannya.

 

 

Penulis: Kun Sila Ananda/Merdeka.com

Sumber Artikel Liputan 6