Tips Mengolah Tengkleng Kambing

Posted on

Tips Mengolah Tengkleng Kambing

Tips Mengolah Tengkleng Kambing

Diana Rafikasari

loading…
Tips Mengolah Tengkleng Kambing
Tengkleng Kambing menjadi salah satu makanan yang menggugah selera. Anda pun bisa membuatnya untuk santap hari ini. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA – Pecinta olahan kambing, pastikan tidak akan melewatkan makanan tengkleng kambing. Sayang, pecinta kuliner lebih banyak memilih menimati hidangan ini di resto atau tempat makan lainnya. Alasannya karena membuatnya sulit.

Jika diolah dengan benar, tengkleng kambing pun bisa menjadi pilihan bersantap bersama keluarga di rumah. Untuk mengolahnya pun tak sesulit yang dibayangkan. Berikut resep membuat tengkleng kambing seperti dikutip akun Instagram @masaktv. (Baca juga: Asem-asem Daging Sapi Terasa Nikmat dengan Bumbu Khas Nusantara).

Bahan-bahan:
300 g iga kambing muda
Bumbu kuning
3 buah kapulaga
3 buah cengkih
2 btg serai
1 lbr daun jeruk
2 lbr daun salam
15 siung cabai rawit
100 ml santan
50 g minyak samin
1 buah kayu manis
Air
Gula
Garam
Lada

Baca Juga:
  • Mandi Keringat dengan Cobek Belut Waroeng Citra di Purwakarta
  • Tahun Ini, Pucuk Coolinary Festival Singgahi Lima Kota di Indonesia

Cara membuat:
Siapkan minyak panas untuk menumis, lalu masukkan serai. Sambil diaduk-aduk, masukkan daun jeruk, daun salam, cabai rawit, bumbu kuning dan daging kambing. Aduk-aduk sampai daging berubah warna. Setelah berubah warna, masukkan kayu manis, kapulaga, cengkeh. Lalu tambahkan 3 liter air.

Masukkan garam, lada dan gula. Aduk-aduk terus sampai air mulai terlihat mendidih, lalu tambahkan 2 sdm santan encer. Kecilkan api dan masak terus sampai daging empuk. Tambahkan minyak samin lalu aduk sampai minyak tercampur rata. Tengkleng kambing siap dihidangkan.

(tdy)

Sumber ArtikelKoran Sindo