Cooking 101: 7 Saus Turunan Demiglace yang Wajib Diketahui Oleh Pemula

Posted on

Cooking 101: 7 Saus Turunan Demiglace yang Wajib Diketahui Oleh Pemula

Cooking 101: 7 Saus Turunan Demiglace yang Wajib Diketahui Oleh Pemula epicurious.com

Saus demiglace adalah salah satu saus dasar yang terbuat dari campuran brown stock, puree tomat, mirepoix, bay leaf, thyme, butter, dan sedikit tepung roti. Sama seperti saus dasar yang lainnya, saus yang juga dikenal dengan nama Espagnole sauce ini juga memiliki saus turunan yang cukup banyak.

Kali ini penulis sudah merangkum 7 saus turunan Demiglace yang wajib diketahui oleh kamu yang sedang belajar memasak. Yuk, disimak.

1. Bordelaise sauce

Cooking 101: 7 Saus Turunan Demiglace yang Wajib Diketahui Oleh Pemulathespruceeats.com

Terbuat dari campuran saus demiglace, red wine, shallot, pepper corn atau merica utuh, thyme, dan bay leaf, bordelaise sauce sering dihidangkan sebagai pelengkap olahan daging merah seperti steak dan lamb chops.

2. Marchand de Vin sauce

Cooking 101: 7 Saus Turunan Demiglace yang Wajib Diketahui Oleh Pemuladarindines.com

Saus turunan demiglace berikutnya ada marchand de vin sauce. Saus ini terbuat dari campuran demiglace, red wine, pepper corn, sedikit butter, dan shallot. Saus marchand de vin biasanya dihidangkan bersama olahan daging merah dan pork chops.

Baca Juga: Cooking 101: Mengenal 7 Saus Turunan Veloute yang Wajib Diketahui

3. Lyonnaise

Cooking 101: 7 Saus Turunan Demiglace yang Wajib Diketahui Oleh Pemulacuisineactuelle.com

Terbuat dari campuran demiglace, bawang bombay, dan white wine vinegar, lyonniase dapat dihidangkan untuk berbagai macam jenis hidangan. Mulai dari makanan klasik seperti daging panggang hingga camilan seperti sosis bakar dan french fries.

4. Charcutière sauce

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editors’ picks

  • 7 Rekomendasi Tempat Makan Seblak Terbaik di Bandung, Raos Pisan Euy!
  • Dilihat dari Zodiaknya, Ternyata Seperti Ini 12 Kebiasaan Makanmu!
  • 10 Kota Terbaik untuk Berburu Street Food, Enak dan Murah Meriah
Cooking 101: 7 Saus Turunan Demiglace yang Wajib Diketahui Oleh Pemulasimplebooklet.com

Charcutière sauce terbuat dari campuran demiglace, bawang bombay, white wine, mustard dan cornichon atau acar mentimun yang sudah dicincang. Charcutière ini cocok dihidangkan bersama berbagai jenis olahan daging.

5. Madeira sauce

Cooking 101: 7 Saus Turunan Demiglace yang Wajib Diketahui Oleh Pemulaepicurus.com

Terbuat dari campuran demiglace, peppercorn, dan madeira wine, madeira sauce merupakan salah satu saus klasik Prancis yang sering kita temukan di restoran masakan Perancis. Madeira sauce sendiri sering dihidangkan sebagai pelengkap olahan daging merah.

6. Perigueux sauce

Cooking 101: 7 Saus Turunan Demiglace yang Wajib Diketahui Oleh Pemulagourmandasia.com

Berikutnya ada perigueux sauce. Saus ini terbuat dari campuran demiglace, madeira wine, dan jamur truffle. Karena menggunakan jamur termahal di dunia, perigueux sauce ini hanya dihidangkan bersama hidangan tertentu seperti Tournedos Rossini, yaitu fillet daging sapi dengan irisan foie gras atau hati angsa yang harganya juga tidak kalah mahal.

7. Diable sauce

Cooking 101: 7 Saus Turunan Demiglace yang Wajib Diketahui Oleh Pemulajsonline.com

Last but not least, ada diable sauce. Saus ini biasanya terbuat dari campuran demiglace, white wine, shallot, dried taragon, dried mustard, merica utuh. Saus diable biasanya dihidangkan bersama olahan daging.

Buat kamu yang tidak diperbolehkan mengonsumsi wine karena mengandung alkohol, nggak usah sedih. Kamu bisa mengganti red wine atau white wine dengan red wine vinegar atau white wine vinegar. Rasa dari wine vinegar sendiri tidak berbeda jauh dari rasa wine yang sedikit asam dan pahit. Dan yang pastinya halal karena tidak mengandung alkohol.

Selamat mencoba saus turunan demiglace di rumah, ya!

Baca Juga: 10 Jenis Saus Unik dan Terpopuler di Dunia, Pecinta Pedas Harus Coba

Febby Arshani Photo Community Writer Febby Arshani

Akwoakwoakwoak

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Dari Publikasi IDNTimes