Ketahui dan Segera Hindari 7 Faktor Utama Penyebab Down Syndrome Ini

Posted on

Ketahui dan Segera Hindari 7 Faktor Utama Penyebab Down Syndrome Ini

Ketahui dan Segera Hindari 7 Faktor Utama Penyebab Down Syndrome Ini gsocarecenter.org

Dalam rangka hari down syndrome awareness sedunia, IDN Times akan membahas beberapa fakta tentang down syndrome Down syndrome adalah kelainan fisik dan mental yang disebabkan oleh faktor genetik, yang sudah timbul sebelum bayi dilahirkan. Selain itu, down syndrome disebut juga sebagai kelainan trisomy 21 yang merupakan kelainan genetik paling sering terjadi, dibandingkan dengan kelainan genetik lainnya.

Untuk itu, mari ketahui faktor penyebab bayi lahir dalam kondisi down syndrome agar kamu bisa mencegahnya. Simak informasinya berikut ini!

1. Keturunan genetik

Ketahui dan Segera Hindari 7 Faktor Utama Penyebab Down Syndrome Inimirror.co.uk

Kasus down syndrome terbanyak menurut Mayo Clinic, adalah hasil dari genetik atau warisan salah satu pihak orang tua. Pembawa genetik ini disebut sebagai carrier

Biasanya, seorang carrier bisa menurunkan proses kelainan tersebut tanpa menunjukkan tanda atau gejala yang spesifik. Akan tetapi, risiko menurunnya down syndrome akan tergantung pada jenis kelamin orang tua, yakni ayah sekitar tiga persen, dan ibu sekitar 10 hingga 15 persen.

2. Pernah melahirkan bayi Down Syndrome juga sebelumnya

Ketahui dan Segera Hindari 7 Faktor Utama Penyebab Down Syndrome Iniparenting.com

Perempuan yang sudah pernah mengandung dan melahirkan anak dengan kondisi down syndrome akan meningkatkan risiko memiliki bayi yang juga mengidap kondisi sama pada kehamilan selanjutnya. Untungnya, peluang terjadinya hal tersebut sangat rendah. Sebab, kehadiran down syndrome pada masa kehamilan selanjutnya berkisar satu persen saja.

3. Usia ibu yang terlalu tua saat masa kehamilan

Ketahui dan Segera Hindari 7 Faktor Utama Penyebab Down Syndrome Initraffic-club.info

Peluang terjadinya down syndrome pada bayi akan semakin besar seiring semakin tuanya seorang perempuan saat sedang mengandung. Biasanya, hamil di usia 30 tahun memiliki peluang 1 banding 800 dan saat hamil di usia 35 tahun akan memiliki peluang 1 banding 350 untuk mengandung bayi down syndrome.

Baca Juga: Kisah Gadis Penyandang Down Syndrome yang Ikut Kontes Kecantikan

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editors’ picks

  • Mudah, Ini 8 Cara Alami Hilangkan Flek Hitam dalam Waktu Singkat
  • Benarkah Microwave Bisa Membunuh Bakteri pada Makanan? Ini 7 Faktanya!
  • Cobalah, 8 Gerakan Ini Mudah dan Efektif untuk Meninggikan Badanmu Lho

4. Hamil saat sedang menopause

Ketahui dan Segera Hindari 7 Faktor Utama Penyebab Down Syndrome Inimomjunction.com

Sebuah penelitian menemukan fakta bahwa rahim wanita yang mendekati usia menopause memiliki kemampuan tubuh yang menurun untuk menyeleksi kecacatan pada embrio. Usia telur yang lebih tua juga dipercaya memiliki risiko lebih tinggi terhadap pembagian kromosom yang kurang tepat.

5. Kekurangan asam folat

Ketahui dan Segera Hindari 7 Faktor Utama Penyebab Down Syndrome Ininutritionnews.abbott

Kekurangan asam folat dapat memicu penurunan metabolisme tubuh, yang bisa berpengaruh terhadap pengaturan epigenetik untuk membentuk kromosom. Kondisi inilah yang mendorong munculnya down syndrome pada bayi dalam kandungan ibu yang kurang mengonsumsi asam folat. Oleh karena itu, sebaiknya setiap wanita yang berencana untuk hamil harus mencukupi kebutuhan asam folat sejak sebelum hamil.

6. Merokok selama masa kehamilan

Ketahui dan Segera Hindari 7 Faktor Utama Penyebab Down Syndrome Inimotherhow.com

Ibu yang merokok nyatanya memiliki rantai kromosom yang lebih pendek daripada biasanya. Hal ini karena rokok merupakan zat beracun, yang dapat memengaruhi pembentukan kromosom bayi sejak dalam kandungan. Selain itu, merokok saat hamil juga dapat meningkatkan risiko bayi lahir dengan kelainan jantung dan otak.

7. Memiliki riwayat keluarga yang mengidap down syndrome

Ketahui dan Segera Hindari 7 Faktor Utama Penyebab Down Syndrome Inifoxnews.com

Tidak hanya diturunkan secara genetik dari ibu ke anak atau ayah ke anak saja, down syndrome juga dapat diturunkan jika salah satu anggota keluarga memiliki riwayat down syndrome ini. Misalnya, down syndrome bisa diturunkan jika kamu memiliki kakak atau adik yang mengidap kelainan tersebut, karena masih memiliki faktor genetik yang sama.

Nah, dengan informasi dan penjelasan mengenai faktor penyebab down syndrome di atas, sebaiknya kamu memperkecil risiko terjadinya kelainan ini dengan menghindari faktor-faktor yang telah disebutkan. Mari ciptakan kehidupan bahagia dengan keturunan yang sehat!

Baca Juga: Bisnis Sukses, 5 Anak Penyandang Down Syndrome Ini Jadi Miliarder

Telah dipublish di lIDNTimes