Agar Sukses Berolahraga Secara Rutin, Terapkan 5 Tips Gampang Ini

Posted on

Agar Sukses Berolahraga Secara Rutin, Terapkan 5 Tips Gampang Ini

Agar Sukses Berolahraga Secara Rutin, Terapkan 5 Tips Gampang Ini pexels/bruce mars

Kita semua tentu tahu bahwa salah satu kunci hidup sehat adalah berolahraga. Bukan sekadar olahraga sesekali kalau sempat, tapi olahraga secara teratur. Entah seminggu sekali, seminggu dua kali, atau seperti apapun jadwalnya, yang penting teratur dan konsisten. Dengan melakukan itu, kesehatan kita akan terus terjaga dan tubuh senantiasa terasa bugar.

Tapi memang, melakukan hal itu tidak semudah mengatakannya. Terkadang karena satu dan lain hal, keinginan kita untuk berolahraga hanya mentok di niat saja. Atau kita mungkin sudah berhasil menjalankannya selama beberapa hari, tapi setelah itu jenuh dan berhenti. Akhirnya memiliki tubuh sehat dan bugar pun tinggal impian.

Nah, supaya berolahraga secara rutin tidak lagi menjadi sekadar angan-angan, terapkanlah 5 tips berikut ini. Dengan melakukannya, kamu akan terbantu untuk mulai teratur berolahraga demi tubuh sehat dan bugar.

1. Gak usah kebanyakan mikir, mulai saja dulu!

Agar Sukses Berolahraga Secara Rutin, Terapkan 5 Tips Gampang Inipexels.com/mastercowley

Untuk mulai berolahraga, kita memang butuh persiapan. Tapi persiapannya gak banyak kok. Sebenarnya hal utama yang harus kita siapkan cuma dua: waktu dan niat. Jika sudah memiliki keduanya, langsung mulai saja! Jangan terlalu banyak berpikir, karena itu bisa membuat niatmu semakin lama tertunda dan bisa jadi malah batal.

Belum punya peralatan olahraga yang memadai? Belum punya banyak pengetahuan soal teknik olahraga yang benar atau asupan nutrisi yang tepat? Gak masalah! Hal-hal seperti itu bisa kamu pelajari seraya mulai terbiasa berolahraga secara teratur. Jadi tunggu apa lagi? Mulai saja sekarang!

2. Tetapkan target, tapi jangan muluk-muluk

Agar Sukses Berolahraga Secara Rutin, Terapkan 5 Tips Gampang Inipexels.com/pixabay

Supaya kamu punya tujuan yang bisa kamu kejar, kamu perlu menetapkan target. Tapi kalau kamu baru mulai berolahraga, jangan tetapkan target yang muluk-muluk ya. Misalnya target push up 100 kali atau jogging 5 km sehari. Bukan apa-apa, masalahnya target yang terlalu tinggi justru bisa membuatmu cepat menyerah.

Kenapa? Karena target yang muluk-muluk bakal susah kamu capai. Akhirnya karena gagal mencapai target, bisa jadi kamu malah kecil hati dan akhirnya putus asa lalu berhenti. Jadi, tetapkanlah target yang masuk akal. Nanti ketika kamu sudah bisa konsisten memenuhi target tersebut, barulah kamu boleh menetapkan target baru yang lebih sulit.

Baca Juga: 7 Mitos Seputar Olahraga yang Harus Kamu Ketahui 

3. Pastikan kamu punya fokus yang benar

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editors’ picks

  • Mudah, Ini 8 Cara Alami Hilangkan Flek Hitam dalam Waktu Singkat
  • Benarkah Microwave Bisa Membunuh Bakteri pada Makanan? Ini 7 Faktanya!
  • Cobalah, 8 Gerakan Ini Mudah dan Efektif untuk Meninggikan Badanmu Lho
Agar Sukses Berolahraga Secara Rutin, Terapkan 5 Tips Gampang Inipexels.com/timothy-220722

Selain sehat dan bugar, orang yang rajin berolahraga juga bisa memiliki tubuh langsing atau otot kekar. Kamu tentu juga ingin memperoleh hal-hal itu bukan? Tapi kamu perlu sadar bahwa bentuk tubuh ideal tidak datang dalam semalam. Butuh waktu berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun untuk meraihnya. Jadi, jangan jadikan itu fokus utamamu dalam berolahraga.

Kenapa? Karena kalau itu yang jadi fokusmu, kamu bisa cepat menyerah karena tak kunjung mendapatkan tubuh ideal yang kamu idam-idamkan. Daripada itu, lebih baik kamu berfokus pada tubuh yang semakin bugar dan daya tahan tubuh yang semakin meningkat. Rasakan manfaat-manfaat tersebut, supaya kamu makin semangat untuk terus rutin berolahraga.

4. Buat jadi menyenangkan

Agar Sukses Berolahraga Secara Rutin, Terapkan 5 Tips Gampang Iniunsplash.com/davidmarcu

Sulit untuk melakukan sesuatu secara konsisten jika hal itu tidak menyenangkan. Jadi supaya kamu bisa rutin berolahraga, kamu perlu membuatnya jadi menyenangkan. Bahkan olahraga sederhana seperti jogging pun bisa kamu akali supaya jadi seru lho. Misalnya dengan mencari rute jogging yang pemandangannya indah atau udaranya sejuk.

Cara lain adalah dengan berolahraga sambil mendengarkan musik. Siapkan playlist berisi lagu-lagu upbeat favoritmu untuk membuatmu terus semangat selama berolahraga. Last but not least, cobalah sesekali ubah jenis olahraga yang kamu lakukan atau tempat kamu melakukannya, supaya kamu tidak jenuh dengan rutinitas yang itu-itu saja.

5. Olahraga bareng teman

Agar Sukses Berolahraga Secara Rutin, Terapkan 5 Tips Gampang Iniunsplash/bruce mars

Meski sudah melakukan cara-cara di atas, terkadang rasa malas masih bisa menghampiri. Kalau sudah begitu, coba ajak teman untuk berolahraga bersama supaya kamu semangat lagi. Tapi pastikan temanmu itu juga punya motivasi yang kuat untuk hidup sehat ya. Jangan sampai ia justru malah menghasutmu untuk membatalkan rencana berolahraga.

Lebih bagus lagi kalau kamu bisa mendapat teman yang bisa rutin berolahraga bersamamu, bukan sekali-sekali saja. Jadi setiap kali kamu sedang tidak mood, ia bisa menyemangatimu, begitu pula sebaliknya. Manfaat lainnya adalah kalian bisa saling membantu dan saling mengawasi, sehingga sesi olahragamu akan menjadi lebih efektif dan lebih aman.

Konsisten berolahraga secara teratur memang tidak mudah, karena itu kamu butuh strategi untuk bisa melakukannya. Terapkanlah 5 tips di atas dan kamu pun akan sukses membiasakan diri untuk berolahraga secara teratur. Yuk mulai berolahraga!

Baca Juga: Secara Ilmiah, Kapan Sih Waktu yang Tepat Untuk Olahraga?

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Telah dipublish di lIDNTimes