Penyakit Prostat, Penyebab dan Bahaya yang Perlu Diketahui Sebelum Berakibat Fatal

Posted on

Penyakit Prostat, Penyebab dan Bahaya yang Perlu Diketahui Sebelum Berakibat Fatal
Penyakit Prostat, Penyebab dan Bahaya

Liputan6.com, Jakarta Penyakit prostat sendiri sebenarnya cukup umum ataupun familiar terdengar apalagi di kalangan pria. Hal ini karena penyakit prostat bisa menyerang pria yang telah berusia 50 tahun ke atas.

Prostat sendiri merupakan kelenjar eksokrin pada sistem reproduksi pria yang membungkus uretra atau saluran kemih pada pria. Fungsi utama dair prostat ialah untuk menyimpan dan juga mengeluarkan sejenis cairan yang menjadi dua pertiga bagian dari air mani.

Baca Juga

  • 4 Penyakit Kelamin Pria yang Harus Diwaspadai, Jangan Sampai Disepelekan
  • Ejakulasi Cegah Pria Kena Kanker Prostat
  • Rutin Hubungan Intim, Kanker Prostat Pergi

Ukuran dari prostat sendiri pada normalnya ialah sebesar biji kenari. Akan tetapi ukuran prostat sendiri akan membesar seiring dengan bertambahnya usia seseorang. Namun tentu saja jika ukuran prostat terlalu besar, maka ada gangguan kesehatan yang kamu alami dan sering disebut juga sebagai penyakit prostat. Penyakit prostat pun ada bermacam-macam, mulai dari pembengkakan, peradangan hingga kanker prostat.

Tentu saja jika kamu mengalami penyakit prostat ini bisa berbahaya apabila tidak segera mendapat penanganan. Bahaya dari penyakit prostat yang kamu derita pun bisa berakibat fatal. Karena bisa jadi kamu akan mengalami kelumpuhan pada tubuh bagian bawah.

Untuk itu, sebelum kamu terkena penyakit prostat yang cukup berbahaya, ada baiknya jika kamu mengetahui penyebab dan juga bahaya yang bisa ditimbulkan daori penyakit prostat. Liputan6.com pun telah merangkum dari berbagai sumber, Jumat (15/3/2019).

 

Jenis penyakit prostat

Ada beberapa penyakit prostat yang bisa menyerang pria. Mulai dari pembesaran prostat jinak, peradangan hingga penyakit prostat yang cukup parah ialah kanker prostat. Berikut ini penjelasan mengenai jenis penyakit prostat dan penyebabnya yang perlu kamu ketahui.

2 dari 4 halaman

1. Pembesaran prostat jinak atau Benign Prostatic Hyperplastia (BPH)

Penyakit prostat satu ini bisa terjadi karena adanya pembesaran pada kelenjar prostat, hal ini mengakibatkan penyempitan pada saluran kemih. Karena kondisi inilah yang bisa menyebabkan penebalan pada otot kandung kemih. Sehingga semakin lama pun dinding kandung kemih ini akan melemah. Hal ini bisa membuat kamu kesulitan saat buang air kecil.

Selain itu, perubahan testosteron menjadi dehidrostestosteron atau DHT pada sel prostat bisa memicu masuknya DHT pada inti sel prostat sehingga bisa menyebabkan inskripsi pada RNA. Hal ini pun bisa mempengaruhi pembentukan protein sehingga sel prostat pun bertambah banyak.

Meskipun begitu penyebab pasti dari penyakit prostat ini belum benar-benar diketahi. Akan tetapi terjadinya pembesaran prostat jinak ini bisa diakibatkan perubahan kadar hormon seksual akibat dari proses penuaan. Beberapa gejala pun kerap terjadi jika kamu mengalami pembesaran prostat jinak.

Gejala dari pembesaran prostat jinak antara lain ialah:

– Sering buang air kecil pada malam hari

– Susah untuk buang air kecil karena aliran urine yang melemah dan juga tersendat-sendat

– Meski telah selesai buang air kecil, akan tetapi kamu bisa merasa belum tuntas.

3 dari 4 halaman

2. Peradangan prostat

Peradangan prostat atau bisa disebut pula dengan istilah prostatis ini merupakan peradangan ataupun pembengkakan pada kelenjar prostat. Penyakit prostat ini lebih sering terkena pada pria yang berusia 30 hingga 50 tahun.

Penyebab dari penyakit prostat satu ini karena adanya infeksi bakteri pada saluran kemih ataupun dari penyakit seksual menular lainnya. Bakteri yang bisa menjadi penyebab dari penyakit peradangan prostat ini ialah escherichia coli, klebsiella, entrobakteri, streptokokkus, psuedomonas serta stafilokokkus.

Penyakit prostat satu ini pun patut untuk kamu wapadai. Hal ini karena bahaya dari penyakit prostat ini cukup fatal dan bisa mengakibatkan sakit yang cukup menyiksa bagi si penderita.

Oleh karena itu, untuk penyakit peradangan prostat ini, kamu harus segara melakukan pemerikasan terhadap dokter spesialis. Karena bila kamu mengalami peradangan prostat, kehidupan seksual bagi pasangan suami istri pun bisa terganggu.

Gejala yang sering timbul dari penyakit peradangan prostat ini pun bermacam-macam, antara lain:

– Adanya rasa sakit dan juga nyeri saat ejakulasi ataupun berhubungan seksual

– Terdapat darah pada sperma

– Kesulitan untuk buang air kecil karena aliran urine yang melemah

– Nyeri dan juga perih saat buang air kecil

– Mengalami penurunan pada fungsi seksual.

4 dari 4 halaman

3. Kanker prostat

Penyakit prostat yang perlu kamu waspadai ialah kanker prostat. Penyebab dari kanker prostat ini akibat dari perubahan DNA ataupun pertumbuhan sel secara abnormal yang ada pada kelenjar prostat. Beberapa faktor pun bisa meningkatkan resiko dari kanker prostat ini, seperti faktor usia, riwayat keluarga dan juga faktor obesitas atau kesehatan.

Bahaya dari kanker prostat ini terjadi bila sel-sel kanker menyebar ke luar organ prostat. Tentu saja ini akan berdampak pada kesehatan organ lain dan juga cukup berbahaya. Sama seperti kenker lain, apabila bisa terdeteksi memiliki kanker prostat sejak dini, maka penyakit ini bisa disembuhkan.

Penyakit kanker prostat biasanya akan menyerang pria yang berusia diatas 45 tahun. Namun apabila sebelum usia 45 tahun kamu telah terserang kenker prostat, ini bisa disebabkan karena riwayat keluarga.

 

Sumber Artikel Liputan 6