Kaya Rasa, 8 Hidangan Ikan Lezat dari Berbagai Negara

Posted on

Kaya Rasa, 8 Hidangan Ikan Lezat dari Berbagai Negara

Kaya Rasa, 8 Hidangan Ikan Lezat dari Berbagai Negara Edeka.de

Selain ayam dan sapi, ikan juga menjadi salah satu sumber protein terfavorit dan terpopuler di dunia. Dagingnya yang lembut dan flaky tentu membuat siapa saja yang menikmatinya makan dengan lahap. 

Bicara soal ikan, kalian perlu tahu soal hidangan ikan dari negara lain yang juga tak kalah sedap dari hidangan ikan khas Nusantara nih, seperti sederet makanan berikut ini.

1. Swedia: Gravlax

Kaya Rasa, 8 Hidangan Ikan Lezat dari Berbagai NegaraJoyofkosher.com

Dari Swedia, ada hidangan ikan yang disebut gravlax. Gravlax merupakan salmon yang diawetkan dengan cara membumbuinya dengan garam, lada, gula, dan dill (adas sowa). Setelah dibumbui, salmon akan didinginkan selama 1-3 hari. 

Gravlax akan lebih nikmat jika dihidangkan di atas roti gandum serta ditambah saus yang terbuat dari mustard khas Swedia dan red wine vinegar. Jika kurang suka mustard, maka kalian dapat menambahkan perasan air lemon ke atas salmon. Sedap dan segar deh. 

2. Vietnam: Ca Kho To

Kaya Rasa, 8 Hidangan Ikan Lezat dari Berbagai NegaraHalongbaydaycruise.com

Ca kho to adalah hidangan ikan asal Vietnam yang biasa disajikan dalam sebuah clay pot. Semangkuk ca kho to berisi ikan lele dan kuah yang terbuat dari campuran karamel, kecap ikan, sari kelapa, dan cabai. Semangkuk ca kho to dan nasi hangat? Pas banget deh rasanya. 

3. Brazil: Moqueca

Kaya Rasa, 8 Hidangan Ikan Lezat dari Berbagai NegaraTaste.com.au

Moqueca adalah olahan ikan dari Brazil yang dimasak dalam kuah kaldu ikan, tomat, cabai, paprika, dan santan. Seafood lainnya seperti udang juga kadang-kadang ditambahkan ke dalam moqueca. Moqueca biasanya dihidangkan dengan cara menuangnya ke atas nasi. Kalian pasti sudah ngiler kan? 

4. Senegal: Boulettes de Poisson

Kaya Rasa, 8 Hidangan Ikan Lezat dari Berbagai NegaraIvorianfood.com

Dari namanya, mungkin kalian akan mengira bahwa hidangan ikan di atas merupakan hidangan dengan tingkat kerumitan yang tinggi untuk dibuat. Namun ternyata, boulettes de poisson sebenarnya merupakan bola-bola ikan yang digoreng dan dihidangkan bersama saus tomat atau saus pedas lainnya. Sederhana, tapi dijamin nagih deh. 

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editors’ picks

  • 10 Makanan Khas yang Bikin Orang Indonesia Gak Bisa Hidup Tanpanya
  • 7 Keajaiban Jeruk Nipis di Dunia Kuliner, Kamu Harus Tahu Nih!
  • Dikenal Bahaya, Ternyata Minuman Bersoda Punya 3 Manfaat Ini Lho!

Baca Juga: 5 Hidangan Berbahan Dasar Gurita yang Bikin Kamu Ketagihan!

5. Portugal: Bacalhau com Natas

Kaya Rasa, 8 Hidangan Ikan Lezat dari Berbagai NegaraFoodfromportugal.com

Bacalhau com natas merupakan hidangan yang terbuat dari ikan kod yang disuwir dan dipanggang bersama bawang bombay, potongan kentang, keju, dan krim serta dibumbui dengan garam dan lada. Hidangan asal Portugal ini biasanya dinikmati bersama roti dan salad. 

6. Yunani: Psari Spetsiotiko

Kaya Rasa, 8 Hidangan Ikan Lezat dari Berbagai NegaraCraftlog.com

Dari Pulau Spetses, Yunani, ada psari spetsiotiko,yaitu hidangan ikan yang dipanggang dengan saus tomat gurih nan manis yang terbuat dari campuran tomat, wine, madu, serta garam dan lada. Ikan juga kemudian ditaburi dengan tepung roti (breadcrumbs) yang renyah. 

7. Spanyol: Romesco de Peix

Kaya Rasa, 8 Hidangan Ikan Lezat dari Berbagai NegaraGoodfood.com.au

Romesco de peix adalah hidangan khas Catalunya, Spanyol, yang terbuat dari ikan yang dimasak bersama kaldu ikan, tomat, paprika, bawang bombay, lada, almond, dan saffron. Selain ikan, ke dalam romesco de peix juga kadang-kadang ditambahkan kerang. Melihat bumbu-bumbunya saja, kalian tentu sudah dapat membayangkan senikmat apa hidangan ini kan? 

8. Kamboja: Fish Amok

Kaya Rasa, 8 Hidangan Ikan Lezat dari Berbagai NegaraCambodiatourism.co

Fish amok adalah hidangan asal Kamboja berupa kari ikan yang secara tradisional disajikan dalam mangkuk dari daun pisang. Kari yang kaya rasa tersebut terbuat dari santan dan berbagai bumbu seperti sereh, daun jeruk, daun basil, ketumbar, lengkuas, cabai, dan kecap ikan. Sedap banget deh. 

Mana yang ingin kalian cicipi? 

Baca Juga: Unik Banget, 5 Hidangan dari Bulu Babi Ini Ternyata Lezat! 

V Hendardy Photo Community Writer V Hendardy

“You can make anything by writing” – C.S Lewis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Dari Publikasi IDNTimes