Jangan Sampai Salah, Ini 7 Jenis Kubis yang Wajib Kamu Ketahui

Posted on

Jangan Sampai Salah, Ini 7 Jenis Kubis yang Wajib Kamu Ketahui

Jangan Sampai Salah, Ini 7 Jenis Kubis yang Wajib Kamu Ketahui verywellfit.com

Bagi pecinta sayur atau vegetarian pastinya tidak asing dengan sayur kubis atau yang lebih dikenal dengan sayur kol. Umumnya masyarakat Indonesia mengenal sayur kubis atau sayur kol sebagai lalapan yang dimakan mentah. Namun, juga nikmat untuk diolah menjadi tumisan atau dicampur bersama semangkuk sup sayuran.

Jangan salah, sayur kubis atau sayur kol yang berlapis-lapis ini ternyata tidak hanya terdiri dari satu jenis saja. Sayur kubis atau sayur kol ternyata mempunyai beberapa macam  jenis dengan ciri khas yang berbeda-beda. Apa saja? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

1. Kubis Hijau

Jangan Sampai Salah, Ini 7 Jenis Kubis yang Wajib Kamu Ketahuiunsplash.com/@phuclong

Kubis meriam atau yang lebih dikenal dengan kubis hijau adalah salah satu varietas kol atau kubis yang paling populer. Dinamakan demikian karena daunnya saling menempel erat satu sama lain dan padat yang menyerupai bola meriam.

Daun kubis hijau atau kubis meriam yang lebat cocok untuk dicacah atau dipotong, termasuk dipisahkan menjadi beberapa helai. Kubis hijau atau kubis meriam biasanya direbus dalam sup sederhana dengan wortel, kentang, daun seledri, dan daging ayam atau sapi.

2. Bok Choy

Jangan Sampai Salah, Ini 7 Jenis Kubis yang Wajib Kamu Ketahuiguide.michelin.com

Banyak orang mungkin mengetahuinya sebagai bok choy, bai cai atau pak choi, tetapi sebenarnya semuanya memiliki arti yang sama: sayuran berdaun gelap dengan batang ramping yang lebih mirip dengan bayam Swiss daripada kubis meriam atau kubis hijau.

Bok choy biasanya ditumis dengan bumbu sederhana seperti bawang putih cincang, saus tiram dan garam secukupnya. Bok choy dapat dikreasikan menjadi masakan yang lezat menyesuaikan selera.

Baca Juga: 6 Alasan Pentingnya Kita Makan Banyak Buah & Sayuran

3. Choy Sum

Jangan Sampai Salah, Ini 7 Jenis Kubis yang Wajib Kamu Ketahuichinasichuanfood.com

Hampir mirip dengan bok choy, choy sum atau cai xin, tergantung pada bahasa ibu di mana seseorang tinggal,  jika diterjemahkan dari bahasa Kanton dan Mandarin artinya adalah “jantung sayur”. Choy sum dapat dengan mudah dikenali melalui bunga-bunga kuning khas yang membedakannya dengan bhok choy.

Cara memasak choy sum sangat gampang. Merebus choy sum dengan rempah-rempah sederhana akan membuat batangnya tetap renyah dan daunnya lembut.

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editors’ picks

  • 10 Makanan Khas yang Bikin Orang Indonesia Gak Bisa Hidup Tanpanya
  • 7 Keajaiban Jeruk Nipis di Dunia Kuliner, Kamu Harus Tahu Nih!
  • Dikenal Bahaya, Ternyata Minuman Bersoda Punya 3 Manfaat Ini Lho!

4. Kubis Napa

Jangan Sampai Salah, Ini 7 Jenis Kubis yang Wajib Kamu Ketahuicook.nourishevolution.com

Berbentuk bonggol dengan daun berenda, berwarna kuning-hijau, varietas kubis ini lebih manis dan lebih lembut daripada varietas lainnya dan banyak digunakan dalam masakan Asia Timur. Ada lebih dari 180 jenis kimchi dan mungkin yang paling populer dari semuanya adalah baechu-kimchi, yang dibuat dengan kubis napa asin yang dibumbui dan difermentasi.

5. Kubis Savoy

Jangan Sampai Salah, Ini 7 Jenis Kubis yang Wajib Kamu Ketahuirte.ie

Jangan salah, dari sekian banyak jenis kubis, daun kubis savoy lebih longgar dan kurang rapat dibandingkan kubis hijau atau merah, yang membuatnya lebih pendek. Kubis Savoy lebih lunak daripada kubis lainnya, rasanya renyah dan direbus dengan mentega dan kaldu.

Namun, salah satu cara favorit untuk menyiapkan kubis savoy adalah dengan mengukus daunnya dan membungkusnya dengan daging cincang dan nasi; hidangan yang disebut golabki di Polandia dan holubky di Ceko dan Slovakia.

6. Kubis January King

Jangan Sampai Salah, Ini 7 Jenis Kubis yang Wajib Kamu Ketahuisharrocks.com

Kubis january king tampak indah dengan perpaduan warna ungu dan hijau. Warna pada sayuran berdaun keriting ini berbeda dari kepala ke kepala dan dapat berkisar dari dalam. Dan seperti namanya, kubis adalah sayuran yang biasanya ditanam di musim gugur dan dipanen di musim dingin. Cara memasak kubis january king hampir mirip dengan kubis savoy.

7. Kubis Merah

Jangan Sampai Salah, Ini 7 Jenis Kubis yang Wajib Kamu Ketahuifloatingkitchen.com

Kubis merah atau yang lebih dikenal dengan kubis ungu atau kraut merah. Kubis merah berubah warna menyesuaikan dengan kadar pH tanah tempat ia tumbuh, daunnya tumbuh kemerahan di tanah asam dan lebih keunguan di tanah netral atau semacam uji lakmus. Kubis merah berubah warna menjadi biru keabu-abuan saat dimasak.

Itulah beberapa jenis kubis yang ada di seluruh dunia, kira-kira kamu sudah pernah coba yang mana nih?

Baca Juga: 7 Sayuran Rendah Karbohidrat yang Harus Mulai Dikonsumsi

Siti Anisah Photo Community Writer Siti Anisah

من صبر ظفر

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Dari Publikasi IDNTimes