6 Fakta Bedanya Kopi Dingin vs. Kopi Panas, Pilih Mana? 

Posted on

6 Fakta Bedanya Kopi Dingin vs. Kopi Panas, Pilih Mana? 

6 Fakta Bedanya Kopi Dingin vs. Kopi Panas, Pilih Mana?  Pixabay.com/fancycrave1

Minum kopi saat ini menjadi gaya hidup. Rasanya adalah ritual wajib yang harus dilakukan setiap hari. Rasanya yang pahit dan menyimpan segudang manfaat jika dikonsumsi secara benar, membuat kopi menjadi minuman familiar setiap saat. Mau ngopi pun sekarang gampang. Kedai kopi bertebaran di mana-mana. Tinggal mampir dan merasakan suasana kedai yang rata-rata didesain nyaman dan bikin betah.

Lantas, kamu suka menikmati kopi dalam keadaan panas atau dingin kah? Masing-masing ada perbedaan serta sensasinya. Mau diminum panas atau dingin dikembalikan lagi ke selera masing-masing. Bagi yang mau tahu perbedaannya apa sih, mari ikuti penjelasan berikut ini.

1. Minum kopi panas mengurangi risiko terkena berbagai penyakit

6 Fakta Bedanya Kopi Dingin vs. Kopi Panas, Pilih Mana? Pixabay.com/acekreations

Meminum kopi panas berkhasiat yang baik untuk mengurangi risiko terkena berbagai penyakit salah satunya penyakit jantung. Selain itu, mengonsumsi kopi dalam keadaan panas juga dapat memperpanjang umur juga mengurangi risiko penyakit diabetes. Tak hanya itu, kopi panas juga dapat mengatasi depresi lho.

2. Minum kopi dingin mengandung asam yang rendah dan aman bagi lambung

6 Fakta Bedanya Kopi Dingin vs. Kopi Panas, Pilih Mana? Pixabay.com/709K

Meminum kopi yang dingin diyakini aman bagi lambung karena diklaim kopi yang diberi campuran es batu atau yang sudah didinginkan di freezer memiliki kandungan asam yang lebih rendah daripada kopi yang diseduh dalam keadaan panas. Yang mempunyai asam lambung tinggi, sah-sah saja dong ya jika minum kopi dingin? Slurrpp, segarnya!

American Heartburn Alliance merilis 75 persen penderita asam lambung tinggi merasa tak nyaman dengan minum kopi panas. Jadi, cocok dong jika minum kopi yang dingin.

3. Minum kopi panas sensasi uap harumnya akan menjadi terapi

6 Fakta Bedanya Kopi Dingin vs. Kopi Panas, Pilih Mana? Pixabay.com/freephotocc

Kebanyakan orang lebih menikmati minum kopi panas daripada yang dingin karena sensasi bau harum khas kopi yang ditimbulkan juga akan menjadi terapi. Uap wangi yang ditimbulkan akan menjadikan jiwa tenang dan damai.

Coba rasakan sensasinya, benar bukan? Makanya, itulah sebabnya kenapa kopi sering dijadikan pewangi ruangan atau rempah wangi di spa.

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editors’ picks

  • 10 Makanan Khas yang Bikin Orang Indonesia Gak Bisa Hidup Tanpanya
  • 7 Keajaiban Jeruk Nipis di Dunia Kuliner, Kamu Harus Tahu Nih!
  • Dikenal Bahaya, Ternyata Minuman Bersoda Punya 3 Manfaat Ini Lho!

Baca Juga: Coffee Shop Ini Sajikan Kopi Olahan Narapidana, Penasaran? 

4. Minum kopi dingin akan menambah cita rasa kopi

6 Fakta Bedanya Kopi Dingin vs. Kopi Panas, Pilih Mana? Pixabay.com/KIMDAEJEUNG

Bagi yang suka minum kopi dingin, pernah gak merasakan kopi itu sangat nikmat dan strong, apalagi jika ditambahkan bongkahan es batu? Ya, karena dalam kopi dingin ada rasa enzimatiknya yang diyakini akan memperdalam cita rasa kopi tersebut. Dan tak usah khawatir kopi dingin juga tak akan berubah cita rasanya dibandingkan dengan kopi panas.

5. Minum kopi panas sarat akan manfaat zat antioksidan

6 Fakta Bedanya Kopi Dingin vs. Kopi Panas, Pilih Mana? Pixabay.com/fxxu

Ada manfaat yang baik jika kamu meminum kopi yang panas karena dalam kopi yang panas itu terdapat antioksidan yang sangat tinggi. Seperti diketahui zat antioksidan yang diserap tubuh juga akan membawa manfaat yang lebih baik, misalnya untuk mencegah penuaan dini, menurunkan risiko penyakit jantung, serta kematian dini.

6. Minum kopi dingin ternyata mempunyai kadar kafein yang tinggi

6 Fakta Bedanya Kopi Dingin vs. Kopi Panas, Pilih Mana? Pixabay.com/vinden

Ternyata minum kopi dingin mempunyai kadar kafein yang tinggi. Jika ingin menikmati sensasi kafein yang normal sebaiknya menikmati kopi dalam keadaan dingin. Kafein juga berperan bagi tubuh untuk menangkal ngantuk serta mengurangi sakit kepala.

Ayo, kamu mau pilih yang mana, minum kopi panas atau dingin? Tentunya, kamu mempunyai cara menikmati kopi favorit, bisa ditambahkan kreamer, gula, susu, atau tidak ditambahkan apa-apa sama sekali.

Selamat menikmati kopi dan bersenang-senanglah!

Baca Juga: 5 Cara Agar Minum Kopi Terasa Lebih Nikmat, Patut Dicoba, Nih!

Renny Fitri Photo Community Writer Renny Fitri

Mantan editor media cetak, penyuka fotografi, traveling, dan menjahit di sela-sela waktu luang. Hobi menulis juga membaca.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Dari Publikasi IDNTimes