Cooking 101: Mengenal Bahan Dasar yang Digunakan Dalam Pembuatan Kaldu

Posted on

Cooking 101: Mengenal Bahan Dasar yang Digunakan Dalam Pembuatan Kaldu

Cooking 101: Mengenal Bahan Dasar yang Digunakan Dalam Pembuatan Kaldu pexels.com/TimurSaglambilek

Kaldu adalah cairan yang dihasilkan dari rebusan daging atau tulang, sayuran, dan bumbu-bumbu menggunakan api kecil hingga sedang dalam waktu lama. Hal ini dilakukan untuk mengeluarkan zat ekstrak yang terdapat di dalam bahan-bahan dengan sempurna.

Karena membutuhkan keterampilan khusus dan proses yang panjang, tidak sedikit orang-orang lebih memilih menggunakan kaldu instan ketimbang membuatnya sendiri di rumah. Biasanya kaldu instan berbentuk dadu, serbuk, bahkan cair.

Untuk kamu yang penasaran bahan apa saja yang digunakan dalam pembuatan kaldu, berikut ini IDN Times sudah merangkumnya khusus buat kamu.

1. Tulang & daging

Cooking 101: Mengenal Bahan Dasar yang Digunakan Dalam Pembuatan Kaldupexels.com/ArtemBali

Tulang dan daging merupakan bahan utama sekaligus terbanyak yang digunakan dalam proses pembuatan kaldu. Namun, karena harga daging relatif lebih mahal dari harga tulang, biasanya daging akan dihilangkan.

Untuk hasil yang maksimal, berikut ini merupakan kriteria tulang yang baik digunakan dalam proses pembuatan kaldu:

  • Kaldu sapi: Gunakan tulang dari sapi muda karena lemaknya tidak terlalu banyak dan aroma dagingnya mirip seperti susu. Sedangkan sapi tua mengandung terlalu banyak lemak dan tidak mudah hancur saat dimasak.
  • Kaldu ayam: Gunakan tulang, kepala, dan kaki ayam yang sudah tua.
  • Kaldu kambing: Gunakan tulang kambing yang usianya di bawah dari satu tahun.
  • kaldu ikan: Gunakan seluruh bagian ikan yang bersih dan memiliki aroma yang terlalu kuat.

2. Air

Cooking 101: Mengenal Bahan Dasar yang Digunakan Dalam Pembuatan Kaldupexels.com/ClemOnojeghuo

Air yang digunakan dalam pembuatan kaldu haruslah bersih dan terbebas dari bau atau rasa yang tajam, seperti bau kaporit dan yang lainnya. Banyaknya air yang digunakan saat membuat kaldu biasanya menggunakan perbandingan 2:1, dua untuk air dan satu untuk tulang. Jadi, jika kita menggunakan tulang sapi sebanyak 6kg, maka air yang kita gunakan sebanyak 12 liter.

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editors’ picks

  • Bukan Mentah, 6 Sayuran Enak Ini Justru Lebih Sehat kalau Dimasak Lho!
  • 10 Potret Donat Unik, Ada yang Rasa Bubble Gum hingga Topping Serangga
  • 5 Jajanan Khas Singapura, Harus Dicicipi Nih Kalau Liburan ke Sana

Baca Juga: Cooking 101: 5 Cara Jitu Memilih Pisau yang Tepat, Jangan Keliru ya!

3. Mirepoix

Cooking 101: Mengenal Bahan Dasar yang Digunakan Dalam Pembuatan Kaldupexels.com/picjumbo.com

Mirepoix merupakan kombinasi dari bawang bombay, wortel, seledri, dan batang daun bawang. Mirepoix sendiri berperan untuk menambahkan dan menguatkan aroma dari kaldu tersebut. Tidak sedikit orang menambahkan bahan lain seperti jamur dalam pembuatan white stock atau tomat dalam pembuatan brown stock. Hal ini dilakukan untuk menghasilkan rasa yang lebih kaya dan aroma yang lebih kuat.

4. Bouquet Garni

Cooking 101: Mengenal Bahan Dasar yang Digunakan Dalam Pembuatan Kaldupexels.com./Dids

Fungsinya hampir serupa dengan mirepoix, sama-sama untuk memperkaya aroma dan citarasa kaldu. Namun yang membedakan bouquet garni dengan mirepoix adalah komposisinya. Bouquet garni biasanya terdiri dari batang seledri, batang daun bawang, bay leaf, thyme, serta lada hitam yang masih berupa biji yang di ikat atau dimasukkan ke dalam cheesecloth berbentuk sachet dan direbus bersama bahan-bahan yang lain.

5. Garam

Cooking 101: Mengenal Bahan Dasar yang Digunakan Dalam Pembuatan Kaldupexels.com/ArtemBali

Penggunaan garam dalam proses pembuatan kaldu hanya dilakukan dalam jumlah sedikit saja. Itu terjadi karena fungsi garam di sini hanya untuk menyempurnakan rasa dari kaldu itu sendiri. Bahkan tidak sedikit yang tidak menggunakan garam saat membuat kaldu dan baru menambahkannya saat kaldu di olah menjadi sup atau saus.

Sudah tahu, kan, bahan-bahan pembuatan kaldu? Ternyata bahan-bahannya sederhana dan mudah ditemukan di sekitar kita, ya.

Baca Juga: Cooking 101: 5 Bahan Pengental yang Digunakan Dalam Pembuatan Saus

Febby Arshani Photo Community Writer Febby Arshani

Akwoakwoakwoak

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Dari Publikasi IDNTimes