Bukan Mentah, 6 Sayuran Enak Ini Justru Lebih Sehat kalau Dimasak Lho!

Posted on

Bukan Mentah, 6 Sayuran Enak Ini Justru Lebih Sehat kalau Dimasak Lho!

Bukan Mentah, 6 Sayuran Enak Ini Justru Lebih Sehat kalau Dimasak Lho! instagram.com/rinrinmarinka

Kaya akan nutrisi, sayuran memang jadi makanan yang direkomendasikan para ahli gizi sebagai konsumsi harian. Banyak cara untuk mengonsumsi sayuran. Bisa direbus, dipanggang, ditumis, digoreng, bahkan ada yang suka dimakan mentah.

Konsumsi sayuran mentah seringkali dipercaya lebih sehat, karena tidak melalui proses pemanasan, sehingga nutrisinya masih tetap ada. Eits, tapi jangan salah, ada beberapa sayur yang justru lebih sehat jika dimasak. Kira-kira apa saja ya?

1. Asparagus

Bukan Mentah, 6 Sayuran Enak Ini Justru Lebih Sehat kalau Dimasak Lho!marthastewart.com

Sering dimakan mentah karena renyah, ternyata asparagus lebih baik dimasak, lho. Saat proses pemasakan, dinding sel tebal yang dimiliki asparagus akan melunak.

Hal itu akan menyebabkan tubuh kita lebih bisa menyerap vitamin E, C, A, dan folat dari asparagus. Selain itu, proses memasak dari asparagus akan memunculkan antioksidan, khususnya ferulic acid.

2. Bayam

Bukan Mentah, 6 Sayuran Enak Ini Justru Lebih Sehat kalau Dimasak Lho!marthastewart.com

Nutrisi bayam diteliti lebih banyak saat dimasak dibandingkan saat mentah. Kandungannya meningkat, ada vitamin A, vitamin E, protein, serat, zinc, thiamin, kalsium, dan zat besi.

Berbagai zat karotenoid juga akan meningkat, seperti beta-karoten, lutein, dan zeaxanthin. Banyak banget nutrisinya, pantas saja Popeye doyan makan bayam ya.

3. Labu

Bukan Mentah, 6 Sayuran Enak Ini Justru Lebih Sehat kalau Dimasak Lho!bbcgoodfood.com

Selalu dimasak, labu memang lebih bagus ketika dimasak. Teksturnya lebih lembut, zat beta-karoten akan lebih mudah diserap tubuh. Bisa diolah jadi berbagai macam hidangan, labu bisa dijadikan bahan pembuatan puding, donat, kue kering, su, fla, isian roti, mie, dan sebagainya. 

4. Jamur

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editors’ picks

  • McDonald’s Bagikan Sarapan Enak dan Gratis, Pantengin Sampai Minggu!
  • 7 Manfaat Ajaib dari Lemon Segar, Yakin Kamu Sudah Tahu?
  • Beda Rice Cooker, Magic Jar, dan Magic Com, Yakin Kamu Sudah Tahu?
Bukan Mentah, 6 Sayuran Enak Ini Justru Lebih Sehat kalau Dimasak Lho!worthypause.com

Memiliki rasa umami alami, jamur bisa membuat berbagai macam masakan jadi lebih gurih. Gak cuma itu, penggunaan jamur pada masakan akan memunculkan nutrisi baik lho, seperti vitamin B, protein, dan mineral.

Saking sehatnya, dalam kepercayaan Asia, jamur dipercaya sebagai obat juga. Tubuhmu tahan penyakit, jamur mampu menstimulasi peningkatan sistem imun.

Baca Juga: 7 Kombinasi Jus Buah & Sayur biar Tubuh Tetap Fit Meski Musim Hujan

5. Tomat

Bukan Mentah, 6 Sayuran Enak Ini Justru Lebih Sehat kalau Dimasak Lho!withfoodandlove.com

Sering dimakan mentah, ternyata tomat memiliki kandungan lainnya yang muncul saat dimasak, yakni antioksidan likopen. Kandungan ini mampu menurunkan potensi kanker dan serangan jantung.

Namun, di dalam penelitian lainnya, tomat yang dimasak akan mengurangi kandungan vitamin C. Tinggal dipilih sesuai kebutuhanmu nih, mau asupan likopen atau vitamin C. Apapun pilihanmu, pastikan gizimu seimbang ya!

6. Wortel

Bukan Mentah, 6 Sayuran Enak Ini Justru Lebih Sehat kalau Dimasak Lho!cooking.nytimes.com

Gak cuma tomat, wortel juga salah satu sayuran yang sering dikonsumsi saat mentah. Tapi kamu harus tahu nih, wortel yang dimasak memiliki zat beta-karoten yang lebih tinggi.

Zat ini nantinya akan berperan dalam meningkatkan penglihatan, reproduksi, pertumbuhan tulang, dan sistem imunmu. Wah, bakal rajin makan sup wortel nih!

Mulai sekarang, jangan asal mengonsumsi sayuran, perhatikan juga kandungan dan cara pengolahannya ya! Kamu paling suka yang mana nih?

Baca Juga: 7 Sayuran dengan Manfaat Paling Tinggi, Yakin Masih Mau Menghindar?

Dari Publikasi IDNTimes