Bukan Cuma Pizza, 6 Makanan Khas dari Italia Ini Juga Patut Kamu Coba

Posted on

Bukan Cuma Pizza, 6 Makanan Khas dari Italia Ini Juga Patut Kamu Coba

Bukan Cuma Pizza, 6 Makanan Khas dari Italia Ini Juga Patut Kamu Coba instagram.com/latarantelaquesos

Pergi ke Italia rasanya gak akan lengkap kalau kamu belum makan Pizza. Memang sih di Indonesia juga banyak restoran Italia yang menyediakan makanan satu ini. Tapi tetap saja rasanya gak akan sama seperti kamu mencoba langsung di negara asalnya.

Meski Italia identik dengan Pizza, Italia juga memiliki banyak makanan khas yang tidak bisa kamu temukan di negara lain, termasuk enam makanan di bawah ini!

1. Arancini

Bukan Cuma Pizza, 6 Makanan Khas dari Italia Ini Juga Patut Kamu Cobainstagram.com/cy_eats

Arancini adalah bola nasi goreng. Nasi yang sudah matang, diisi dengan keju, daging, kacang polong, dan saus bernama ragú kemudian dibentuk menjadi bulat seperti bola. Nasi bulat ini dilapisi dengan tepung roti sebelum akhirnya digoreng hingga berwarna keemasan.

Hidangan ini sangat populer di Italia. Dan meski tampilannya sama, namun setiap daerah memiliki resep masing-masing dalam membuat arancini yang enak.

Namun di antara sekian banyak varian arancini, ada empat jenis yang populer yaitu arancini con ragù yang berisi saus tomat, nasi dan mozzarella. Arancini con burro yang terbuat dari saus béchamel krem. Serta arancini con funghi dan arancini con melanzane.

2. Lasagna

Bukan Cuma Pizza, 6 Makanan Khas dari Italia Ini Juga Patut Kamu Cobainstagram.com/latarantelaquesos

Meski tidak sepopuler pizza, lasagna juga termasuk dalam makanan yang populer di Indonesia. Namun tidak banyak orang yang tahu bahwa lasagna adalah salah satu resep pasta tertua yang pernah ditemukan.

Makanan yang berasal dari kota Napoli ini terbuat dari lembaran kulit pasta yang dilapisi dengan daging, saus bolognese, keju, sosis, daging yang disusun bergantian. Di Italia sendiri ada banyak sekali varian lasagna namun yang paling populer adalah lasagna alla bolognese, atau lasagna napoletana yang disajikan saat karnaval.

Bagi kamu yang tidak memiliki kesempatan untuk berlibur ke Italia, kamu bisa mencoba membuat lasagna sendiri di rumah.

3. Ossobuco alla Milanese

Bukan Cuma Pizza, 6 Makanan Khas dari Italia Ini Juga Patut Kamu Cobainstagram.com/jirkakadlcik

Sesuai dengan namanya, hidangan satu ini berasal dari kota Milan. Ossobuco adalah daging yang berasal dari betis sapi yang direbus dengan anggur putih dan kaldu daging hingga matang dan disajikan dengan sayuran.

Agar rasanya makin enak, ossobuco ini kemudian disajikan dengan risotto, saus gremolata yang terbuat dari kulit lemon, bawang putih dan peterseli. Meski makanan ini kurang populer di kota lain, tapi makanan ini wajib kamu coba terutama jika kamu berkunjung ke Milan. 

Baca Juga: 5 Hidangan Burrata Khas Italia yang Mirip dengan Mozarella, Mau? 

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editors’ picks

  • Bukan Mentah, 6 Sayuran Enak Ini Justru Lebih Sehat kalau Dimasak Lho!
  • 10 Potret Donat Unik, Ada yang Rasa Bubble Gum hingga Topping Serangga
  • 5 Jajanan Khas Singapura, Harus Dicicipi Nih Kalau Liburan ke Sana

4. Saltimbocca

Bukan Cuma Pizza, 6 Makanan Khas dari Italia Ini Juga Patut Kamu Cobainstagram.com/testkitchen

Saltimbocca memang tidak populer di Indonesia, namun kalau kamu berkunjung ke Italia, kamu tidak boleh melewatkan kesempatan untuk mencicipi hidangan satu ini. Saltimbocca adalah makanan Italia yang sangat populer di kalangan turis asing.

Ini adalah daging sapi yang diiris tipis dan dimasak dengan prosciutto asin dan daun herba secara bersamaan menggunakan tusuk gigi.

Ada dua cara untuk bisa mendapatkan hidangan ini, pertama memesannya di restoran dan yang kedua adalah dengan mengikuti kelas khusus membuat saltimbocca yang ada di kota Roma.

Yang asyik adalah, kamu bukan hanya diajari bagaimana cara membuat saltimbocca yang enak tapi juga diajak ke pasar untuk membeli bahan-bahannya.

5. Caponata

Bukan Cuma Pizza, 6 Makanan Khas dari Italia Ini Juga Patut Kamu Cobainstagram.com/elisatappend

Caponata sebenarnya bukanlah makanan asli Italia melainkan makanan yang berasal dari beberapa negara seperti Italia, Spanyol, Yunani, dan Arab. Meski begitu, caponata sangat populer di Italia terutama di kota Sisilia.

Makanan ini sebenarnya sangat sederhana yaitu terong yang dimasak dengan saus asam dan dihidangkan dengan salad. Karena terbuat dari terong dan sayuran, makanan ini sangat cocok bukan hanya bagi para vegetarian tapi juga para pelancong muslim yang berkunjung ke Italia.

Selain bisa ditemukan di restoran, caponata juga biasa dimasak di rumah-rumah. Uniknya meski hanya hidangan terong saus asam tapi setiap rumah memiliki resep rahasia masing-masing untuk membuat caponata yang lezat.

6. Panzanella

Bukan Cuma Pizza, 6 Makanan Khas dari Italia Ini Juga Patut Kamu Cobainstagram.com/thejamlab

Awalnya panzanella adalah makanan para petani di Tuscany, Italia saat musim dingin. Saat ini panzanella adalah hidangan roti dengan salad tomat, mentimun, kemangi segar. Agar rasanya lebih enak, makanan ini diberi tambahan bumbu berupa minyak zaitun dan cuka.

Namun dulu panzanella justru terbuat dari roti basi, bawang, dan sayuran yang diambil dari ladang para petani. Penambahan tomat baru muncul di abad ke 14 di saat orang Eropa baru mengenal tomat. Selain sehat, panzanella juga aman dikonsumsi bagi para vegetarian dan kaum Muslim.

Yummy semua ya!

Baca Juga: Gak Melulu Pizza, Yuk Kenalan dengan 5 Menu Stromboli Khas Italia Ini

Lia Photo Community Writer Lia

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Dari Publikasi IDNTimes