Jangan Malu-Malu, Ini 7 Manfaat Hebat Bernyanyi untuk Kesehatan

Posted on

Jangan Malu-Malu, Ini 7 Manfaat Hebat Bernyanyi untuk Kesehatan
Ilustrasi bernyanyi (iStock)

Liputan6.com, Jakarta Mungkin Anda salah satu orang yang suka bernyanyi saat mandi, di mobil atau kamar tidur. Tidak masalah jika Anda tidak pandai bernyanyi karena hal ini bisa bermanfaat bagi kesehatan tubuh. 

Saat Anda bernyanyi, pernah tidak jadi merasa jauh lebih bahagia atau waktu jadi tidak terasa? Ya, itu salah satu manfaatnya.

Baca Juga

  • VIDEO: Hilangkan Rasa Takut, Bocah Tunanetra Bernyanyi saat Dioperasi
  • Berkenalan dengan Michael Geraldo, Penyanyi Cilik Bandung Terbaik se-Asia
  • Hobi Nyanyi? Ini Cara Go International

Berikut tujuh bukti manfaat bernyanyi bagi kesehatan seperti dilansir Health Fitness Revolution, Sabtu (9/3/2019).

1. Membantu membentuk kemampuan berkomunikasi

Bernyanyi merupakan bentuk komunikasi yang pertama kali diperkenalkan saat bayi. Menurut Sall Goddard Blythe, penulis The Genius of Natural Childhood dan direktur dari Institute for Neuro-Physiological Psychology, menyanyi adalah cara paling efektif untuk mengembangkan keterampilan komunikasi pada anak karena seorang anak akan mempersiapkan otak dan suara untuk bahasa.

2. Meningkatkan fungsi saraf dan IQ

Seorang ahli neurobiologi dari Universitas Northwestern Amerika Serikat menguji ratusan anak-anak sekolah umum di daerah kecil. Dia menemukan hasil peningkatan IQ dan fungsi saraf terhadap anak-anak yang bernyanyi atau belajar bermain musik.

 Saksikan juga video menarik berikut

2 dari 3 halaman

3. Merasa senang dan bahagia

Sama seperti olahraga, bernyanyi dapat melepaskan endorfin, bahan kimia dari otak yang memberikan perasaan positif. Salah satu organ kecil di telinga yaitu sacculus, yang bereaksi terhadap frekuensi saat bernyanyi, dan menciptakan rasa senang.

 

4. Memperlancar sirkulasi darah

Pada 2015, The Alzheimer’s Society menciptakan program “Singing for the Brain” untuk membantu ingatan pasien mereka. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat pelancaran sirkulasi darah ketika pertukaran oksigen selama bernyanyi. Hal ini dapat berfungsi dan diterapkan pada siapa saja yang ingin meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.

3 dari 3 halaman

5. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Universitas Frankfurt Jerman melakukan penelitian pada sebuah kelompok paduan suara,. Peneliti mengambil sampel darah dan air liur dari masing-masing anggota sebelum dan sesudah satu jam latihan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kadar S-IgA (Secretory Immunoglobulin A), protein yang berfungsi seperti antibodi dalam sistem kekebalan tubuh.

6. Mengurangi stres

Saat bernyanyi, ketegangan otot dilepaskan. Hal ini menurunkan kadar kortisol dan hormon stres dalam aliran darah.

7. Menurunkan tekanan darah

Bernyanyi membuktikan mempengaruhi tubuh untuk rileks dan mengurangi kecemasan Anda. Hal ini dapat menurunkan tekanan darah.

 

Penulis: Dara Elizabeth

Sumber Artikel Liputan 6