10 Makanan Bergizi Sehat untuk Penuhi Kebutuhan Tubuh, Mudah Didapat

Posted on

10 Makanan Bergizi Sehat untuk Penuhi Kebutuhan Tubuh, Mudah Didapat
Kulit sehat

Liputan6.com, Jakarta Setiap hari, makanan yang Anda makan memainkan peran sangat penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Organ dalam tubuh membutuhkan asupan gizi yang cukup agar bisa berfungsi dengan baik. 

Baca Juga

  • 15 Makanan yang Mengandung Protein Selain Telur dan Susu, Cek di Sini
  • Makanan 4 Sehat 5 Sempurna yang Telah Berganti Menjadi Pedoman Gizi Seimbang
  • Makanan 4 Sehat 5 Sempurna yang Telah Berganti Menjadi Pedoman Gizi Seimbang

Dengan demikian, Anda akan bisa beraktifitas dengan lancar tanpa terganggu dengan keadaan tubuh yang tidak bugar.

Namun, tidak sedikit orang yang masih bingung dengan pilihan makanan bergizi sehat yang cocok untuk tubuh. Padahal, banyak sekali alternatif makanan yang bisa dikonsumsi bergantian tiap harinya.

Dilansir Liputan6.com dari Health Line, Jumat (8/3/2019), berikut 10 makanan bergizi sehat yang bisa penuhi kebutuhan tubuh Anda.

2 dari 6 halaman

Alpukat dan pisang

1.  Alpukat

Buah alpukat berbeda dengan kebanyakan buah yang Anda temui sehari-hari. Alpukat mengandung lemak sehat dan tentunya bergizi ketimbang karbohidrat. Selain tinggi lemak, alpukat juga tinggi serat dan kalium sehingga sesuai dengan kategori makanan bergizi.

Buah ini bisa Anda kombinasikan dengan makanan lain. Misalnya, telur dan roti tawar yang bisa dikreasikan menjadi makanan modern namun tetap bergizi. 

Menu ini bisa dimakan saat sarapan keluarga. Selain mengurangi konsumsi karbohidrat pada nasi, menu roti tawar selai alpukat dan telur juga bisa menjadi alternatif menu sarapan sehat yang modern.

2.  Pisang

Jika alpukat adalah buah dengan kandungan lemak sehat, pisang justru mengandung kalium terbaik dari semua buah yang ada.

Satu buah pisang berukuran sedang menyediakan 0,43 miligram atau 33 persen dari vitamin B6 yang perlu Anda konsumsi dalam sehari.

Selain tidak mahal, pisang juga dapat dengan mudah di tanam di pekarangan rumah Anda. Buah pisang dapat dikreasikan menjadi kolak maupun hanya dikukus. Dengan mengonsumsi buah pisang, sistem pencernaan Anda akan berfungsi dengan lancar.

Bahkan, pisang baik untuk jantung dan mengurangi risiko tekanan darah tinggi.

3 dari 6 halaman

Stroberi dan brokoli

3. Stroberi

Makanan bergizi berupa buah-buahan selanjutnya adalah stroberi. Buah yang identik dengan warna merah ini sangat tinggi nutrisi serta rendah karbohidrat dan kalori. Stroberi dipenuhi dengan kandungan vitamin C dan serat.

Stroberi bahkan bermanfaat untuk memutihkan gigi, menguatkan rambut, mencegah penuaan dini, dan menurunkan risiko stroke. Buah stroberi yang matang akan terasa manis sehingga nikmat untuk dijadikan camilan.

4. Brokoli

Di antara banyaknya sayuran hijau, sayur brokoli memang banyak dicari. Selain rasanya yang tidak pahit, brokoli mengandung banyak sekali nutrisi yang cocok menjadi makanan bergizi untuk tubuh.

Terlebih lagi, brokoli juga kaya akan serat sehingga mampu mengeluarkan kolesterol dalam saluran pencernaan.

Brokoli juga kaya karotenoid, zeaxanthin, beta-karoten dan antioksidan serta dianggap sebagai salah satu sumber alami terbaik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Memasak brokoli cocok untuk makan malam Anda karena menyuplai anti oksidan dan menyehatkan di malam hari.

Sayur brokoli dapat Anda kreasikan menjadi tumis brokoli maupun dengan mencampur sayuran lain.

4 dari 6 halaman

Tomat dan salmon

5. Tomat

Tomat adalah sayuran sekaligus buah yang merupakan bagian dari hampir semua kebutuhan kuliner. Tomat membantu mengurangi risiko beberapa penyakit berbahaya, tingkat kematian dan obesitas.

Manfaat kesehatan dari tomat termasuk meningkatkan penglihatan, kesehatan perut yang baik serta mengurangi tekanan darah.

Antioksidan dan vitamin C dalam tomat membantu melawan radikal bebas melawan kanker. Kandungan lycopene yang tinggi berperan untuk mencegah kanker. 

Selain itu, tomat mengandung kolin, potassium, serat dan vitamin C yang membantu meningkatkan fungsi jantung. Bahkan, buah merangkap sayur ini juga bagus untuk kesehatan kulit wajah.

6.  Salmon

Salmon adalah ikan air tawar dan air laut. Secara umum, salmon adalah spesies anadromous, yaitu spesies yang bermigrasi untuk berkembang biak.

Salmon dianggap sangat ampuh untuk diet sehat karena beberapa manfaat yang ditawarkannya. Konsumsi salmon bagus untuk rambut, kulit, persendian dan otak.

Diperkaya dengan vitamin, mineral dan yang terpenting omega-3, salmon diketahui memiliki manfaat tak terhitung untuk tubuh. Karena itu, salmon juga banyak dikonsumsi dalam bentuk tablet, sirup, dan kapsul karena merupakanmakanan bergizi.

5 dari 6 halaman

Oatmeal dan Yogurt

7.  Oatmeal

Oatmeal sering disebut sebagai superfood karena memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Oatmeal juga merupakan makanan dengan sumber karbohidrat dan serat yang cukup tinggi.

Maka tak heran, oat atau gandum sering dijadikan pengganti nasi khusus bagi mereka yang sedang menjalankan diet.

Semangkuk oat-meal di pagi hari dapat menurunkan risiko penyakit tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2, dan menurunkan kolesterol. Kandungan serat yang tinggi membuat oat-meal menjadi menu sarapan yang ideal.

Anda bisa menambahkan buah segar rendah gula, kacang, atau susu kaya kalsium sebagai topping.

8. Yogurt

Mengonsumsi yoghurt secara teratur, dapat mempengaruhi fungsi otak secara positif. Dikutip Liputan6 dari jurnal Gastroenterology, Jumat (8/3/2019), menemukan bahwa mengonsumsi probiotik membantu mengurangi aktivitas di beberapa bagian otak, termasuk daerah yang memantau suasana hati, dan kepekaan terhadap rasa sakit, kecemasan, dan stres.

Beberapa nutrisi dan vitamin yang terkandung dalam yogurt antara lain adalah fosfor, kalium, riboflavin, yodium, seng dan vitamin B6. Selain itu, yogurt juga merupakan sumber vitamin B12 yang baik. Usahakan untuk mengonsumsi yogurt biasa alias tanpa rasa karena lebih bergizi sehat ketimbang yogurt dengan varian rasa.

6 dari 6 halaman

Telur dan kacang-kacangan

9. Telur

Di dalam telur mengandung protein yang baik dikonsumsi ketika sarapan. Telur juga salah satu makanan yang mengandung vitamin D alami untuk membantu tubuh menyerap kalsium. Telur merupakan sumber protein dan zat besi juga berbagai vitamin yang baik buat kesehatan. Inilah yang menjadikannya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh terbaik, membuat pikiran makin fresh dan tubuh terlindungi.

10. Kacang-kacangan

Selain enak, kacang-kacangan juga cocok untuk camilan saat beraktivitas. Ternyata, kacang mengandung banyak antioksidan, yang bisa membantu tubuh membersihkan diri dari kerusakan sel. Selain itu, kacang juga mengandung banyak omega 3 yang bagus untuk kecerdasan.

Sumber Artikel Liputan 6