Jarang Diketahui, Ini 8 Manfaat Kentut yang Luar Biasa bagi Kesehatan

Posted on

Jarang Diketahui, Ini 8 Manfaat Kentut yang Luar Biasa bagi Kesehatan

Jarang Diketahui, Ini 8 Manfaat Kentut yang Luar Biasa bagi Kesehatan fatherly.com

Kentut merupakan kondisi keluarnya gas sisa dalam tubuh yang terjadi akibat mulas di bagian perut. Kebanyakan orang mungkin membenci “perilaku” yang satu ini, walaupun secara alami memang terjadi pada manusia normal.

Hal ini disebabkan aroma tidak sedap yang ditimbulkan saat kentut, yang dianggap sangat mengganggu. Akan tetapi, ternyata kentut bisa bermanfaat baik bagi kesehatan lho. Simak manfaatnya berikut ini!

1. Mengatur tekanan darah

Jarang Diketahui, Ini 8 Manfaat Kentut yang Luar Biasa bagi KesehatanPexels.com/pixabay

Sebuah penilitan menemukan fakta bahwa orang yang kentut tidak hanya mengeluarkan gas saja. Akan tetapi terdapat zat hydrogen sulfide yang keluar bersamaan dalam proses buang angin tersebut.

Selain itu, ternyata zat yang keluar tersebut dapat bermanfaat untuk mengatur tekanan darah bagi siapapun yang menghisapnya. Jadi, secara tidak langsung, menghirup bau kentut dapat mengatur tekanan darah dalam tubuh.

2. Meredakan nyeri perut

Jarang Diketahui, Ini 8 Manfaat Kentut yang Luar Biasa bagi Kesehatancapcitylaw.com

Ketika seseorang menahan kentut dalam waktu yang lama, maka risiko terkena penyakit distensi usus sangat besar. Oleh karena itu, mengeluarkan gas yang tertimbun di saluran pencernaan dapat bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit dan nyeri yang berada di perut.

3. Mendeteksi alergi makanan

Jarang Diketahui, Ini 8 Manfaat Kentut yang Luar Biasa bagi Kesehatanlongevitylive.com

Saat tubuhmu mengonsumsi makanan yang mengandung laktosa, maka perut akan menjadi kembung disertai kentut dengan frekuensi yang sering. Sehingga, dalam hal ini kentut dapat dijadikan pertanda bahwa kamu memiliki bentuk alergi intoleransi laktosa.

4. Mengatasi kembung

Jarang Diketahui, Ini 8 Manfaat Kentut yang Luar Biasa bagi Kesehatantimesofindia.com

Kembung dapat terjadi akibat udara yang terjebak dalam saluran pencernaan tidak bisa dikeluarkan oleh tubuh. Akan tetapi, kentut ternyata dapat mengatasi kembung dengan mengeluarkan udara dan gas yang terperangkap. Selain itu, jika dibiarkan begitu saja kembung dapat menyebabkan penyakit perut lain hingga stroke.

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editors’ picks

  • 7 Ciri-ciri Kanker Kelenjar Getah Bening yang Jarang Disadari Pasien
  • 10 Fakta Kenapa Makan Makanan Pedas Bikin Ingusan dan Mata Juga Berair
  • 12 Cara Menghilangkan Kutil Secara Alami, Gak Bikin Kamu Insecure Lagi

Baca Juga: Susah Kentut? Coba Saja Ikuti 6 Gerakan Dasar Yoga Ini, Gampang Kok!

5. Membuat bahagia

Jarang Diketahui, Ini 8 Manfaat Kentut yang Luar Biasa bagi Kesehatanunsplash.com/Charles Postiaux

Ternyata, kentut dapat memberikan sensasi bahagia yang luar biasa karena saat gas yang berhasil keluar dari tubuh dapat mengurangi kegelisahan. Selain itu, hilangnya rasa sakit perut yang terjadi saat menahan kentut juga bisa memberikan efek bahagia pada tubuh dan pikiran.

6. Membantu keseimbangan diet

Jarang Diketahui, Ini 8 Manfaat Kentut yang Luar Biasa bagi Kesehatannhs.uk

Menjaga asupan makanan yang sehat dan seimbang memang sangat sulit, terlebih saat sedang melakukan diet. Akan tetapi, kentut nyatanya dapat membantu menyeimbangkan asupan diet agar tetap pada porsi yang sehat dan seimbang. Hal ini karena aroma kentut yang dihasilkan tubuh dapat berfungsi sebagai alat prediksi asupan makanan yang dikonsumsi.

7. Melancarkan peredaran darah

Jarang Diketahui, Ini 8 Manfaat Kentut yang Luar Biasa bagi Kesehatanthoughtco.com

Gas hydrogen sulfide yang keluar bersamaan saat kentut ternyata memiliki peran penting dalam melancarkan peredaran darah di dalam tubuh. Hal ini karena sifat zat hydrogen sulfide yang dapat membantu melonggarkan jaringan pembuluh darah dan juga meningkatkan kelenturan dari pembuluh darah vena dan arteri.

8. Mengurangi risiko terkena penyakit kronis

Jarang Diketahui, Ini 8 Manfaat Kentut yang Luar Biasa bagi Kesehatannetralnews.com

Menghirup aroma kentut nyatanya tidak seburuk yang kamu kira lho. Sebab, manfaat lain yang bisa kamu rasakan saat menghirup aroma kentut yang mengandung zat hydrogen sulfide adalah mengurangi risiko terserangnya berbagai jenis penyakit kronis yang berbahaya. Meski tidak mengatasi secara langsung, setidaknya kamu bisa menghindari keadaan terburuknya lewat aroma kentut tersebut.

Nah, meski terkesan jorok tapi kenyataannya kentut dapat memberikan efek yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Oleh karena itu, sebaiknya jangan menahan kentut karena justru hal tersebut bisa berbahaya bagi tubuh.

Baca Juga: Berapa Kali Kentut yang Dianggap Sehat dalam Sehari? Coba Hitung Deh!

Telah dipublish di lIDNTimes