Cobain Resep Olahan Salmon dari 5 Negara Ini, Gampang Kok!

Posted on

Cobain Resep Olahan Salmon dari 5 Negara Ini, Gampang Kok!

Cobain Resep Olahan Salmon dari 5 Negara Ini, Gampang Kok! pexels/Oscar Mikols

Sebagai warga Indonesia yang dikenal sebagai negara maritim, kita tak perlu takut kekurangan persediaan ikan atau makanan laut lainnya. Menteri Susi Pudjiastuti saja selalu rajin mengingatkan, “Yang tidak makan ikan akan saya tenggelamkan!”. Daripada ditenggelamkan bareng ikang-ikan di laut, mending menyantap olahannya dong!

Salmon adalah salah satu ikan dengan kandungan gizi tinggi yang sangat baik untuk kesehatan. Ikan ini kaya akan asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan organ dalam termasuk otak. Tak heran, jika rutin mengonsumsi ikan beromega-3 tinggi disebut bisa bikin otak makin pintar.

Nah, agar makan salmon tidak membosankan, cobalah 5 resep olahannya berikut ini.

1. Salmon Sashimi

Cobain Resep Olahan Salmon dari 5 Negara Ini, Gampang Kok!fishforsushi.com

Kalau tak ingin ribet, nikmati saja salmon dalam keadaan mentah sebagai sashimi. Makanan khas Jepang ini bisa kamu temukan di resto-resto sushi.

Nah, kalau ingin membuat sendiri di rumah, caranya gampang banget! Siapkan saja salmon segar yang kualitasnya baik, lalu potong tipis-tipis, dan dinikmati bersama soyu alias kecap asin. Gurih dan segar alami daging salmon dijamin bikin ketagihan.

2. Tandoori Salmon

Cobain Resep Olahan Salmon dari 5 Negara Ini, Gampang Kok!myheartbeets.com

Tandoori adalah teknik memasak ala India dengan menggunakan oven dari tanah liat. Daging, ikan, atau kentang yang telah dibumbui kemudian dipanggang menggunakan oven tradisional ini. Salmon juga cocok, nih dimasak ala tandoori!

Sebelum dipanggang, rendam daging salmon dengan bumbu khas India yang merupakan campuran dari yoghurt, garam, bawang putih, cabai bubuk, serta rempah seperti jintan dan ketumbar. Karena sekarang sudah susah menemukan oven tradisional alias tandoori, panggang saja dengan microwave atau oven modern lainnya.

Setelah matang, warna merah cerah dan aroma harum segera menguar ke udara begitu kamu membuka oven. Tandoori salmon ini bisa kamu nikmati langsung atau disajikan bersama kentang rebus biar makin kenyang.

3. Ukha Soup

Cobain Resep Olahan Salmon dari 5 Negara Ini, Gampang Kok!lublyou.com
Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editors’ picks

  • 10 Makanan Khas Lombok, Rempahnya Kuat dan Rasanya Nampol Abis!
  • 7 Jenis Diet Populer di Dunia, Kamu Lebih Cocok yang Mana?
  • 3 Resep Mudah Telur Orak-arik, Bikinnya Gak Sampai 10 Menit!

Pernah mencoba sup ikan? Pasti rasanya lezat sekali, ya ketika potongan ikan dicampur dengan aneka sayuran dalam kuah kaldu bening. Hidangan ini disebut Ukha Soup di Rusia, metode pengolahan salmon yang paling favorit di sana.

Untuk membuatnya sendiri di rumah, kamu tinggal menggunakan resep sup biasa. Bawang putih halus atau dimemarkan saja, tambahkan lada, serta bawang goreng sebagai bumbu dasar. Aroma dan cita rasa kaldu yang gurih bisa didapat langsung dari potongan daging salmon yang direbus di dalamnya.

Tinggal masukkan sayuran seperti wortel, brokoli, kol, dan kacang polong. Sebaiknya jangan memasak daging salmon terlalu lama, agar kandungan gizinya tidak rusak terpapar panas berlebih.

Baca Juga: 5 Resep Seafood Paling Gampang, Cocok Buat yang Lagi Belajar Masak

4. Poached Salmon Saus Saffron

Cobain Resep Olahan Salmon dari 5 Negara Ini, Gampang Kok!pinterest.com

Norwegia dikenal sebagai salah satu negara eksportir salmon terbaik di dunia. Salmon Norwegia biasanya digunakan sebagai menu sashimi di resto Jepang. Nah, di negara asalnya ini salmon biasa dimasak dengan teknik poached dan dilengkapi saus saffron. Saffron terkenal sebagai rempah mahal yang rasanya khas dan unik.

Cara memasaknya sangat mudah, yaitu dengan merebus sebentar daging salmon hingga setengah matang. Untuk saus saffronnya dibuat dari campuran saffron, adas, dan mentega. Kebayang, kan betapa lezatnya hidangan salmon khas Norwegia ini? 

5. Salmon Asap dan Keripik Talas

Cobain Resep Olahan Salmon dari 5 Negara Ini, Gampang Kok!platinumtoursmaui.com

Di Kepulauan Hawaii yang terkenal dengan wisata laut indahnya, salmon disajikan sebagai hidangan pembuka yang berkelas. Daging salmon diolah dengan metode pengasapan, sehingga menghasilkan aroma harum yang menggugah selera.

Penyajiannya juga tak kalah menarik, salmon asap ini diletakkan di atas keripik talas bersama potongan buah atau sayur. Cocok banget jadi hidangan pembuka yang ringan.

Gimana, tertarik mencoba? Jangan ngaku pecinta salmon, deh kalau belum coba 5 olahan di atas. Happy cooking, guys!

Baca Juga: 5 Kreasi Makanan Unik Berbahan Dasar Salmon, Lezat dan Sehat!

Arthasalina Photo Community Writer Arthasalina

bukan orang penting, kecuali anda mementingkan saya. kadang-kadang ngoceh di instagram @arthasalina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Dari Publikasi IDNTimes