Akar Penyebab Rambut Rontok Tak Terkontrol

Posted on

Akar Penyebab Rambut Rontok Tak Terkontrol
Ilustrasi Rambut

Liputan6.com, Jakarta Akar rambut yang tidak kuat jadi penyebab rambut rontok. Hanya saja selama ini tidak sedikit orang beranggapan bahwa permasalahan rambut rontok karena batang rambut yang rapuh dan lemah.

Meluruskan kesalahpahaman tersebut, Dove Total Hair Fall Treatment membuat sebuah penelitian yang hasilnya diterbitkan ke dalam sebuah jurnal. Berdasarkan penelitian tersebut, 75 persen masalah rambut rontok karena akar yang tak kuat.

Baca Juga

  • Rambut Rontok, Hal Paling Ditakutkan Fitri Tropica Saat Akan Berhijab
  • Celoteh Fitri Tropica soal Rambut Rontok Usai Berhijab
  • Sering Muntah-Muntah, Dokter Temukan 1,5 Kg Rambut di Perut Bocah Ini

Hal itu dibenarkan dr Alberta Claudia Undarsa yang menyebut bahwa kerontokan rambut terjadi karena permasalahan di akar rambut.

“Meski tak terlihat, akar rambut adalah pengantar nutrisi untuk membuat rambut kuat sampai ke ujung rambut,” ujar Alberta dalam diskusi Kuat dari Akarnya di Mal Kota Kasablanka, Jakarta pada Selasa (5/3/2019).

2 dari 2 halaman

Rawat akar hingga ujung rambut

Alberta menyarankan agar lebih hati-hati merawat rambut. Jangan hanya fokus ke bagian kulit saja tapi penting menjaga akar rambut tetap kuat melalui asupan nutrisi yang baik.

“Rambut panjang atau rambut pendek, rambut lurus atau ikal, hitam atau diwarnai, berisiko mengalami rambut rontok bila pada bagian akarnya tak kuat,” katanya.

“Rambut yang kuat, datang dari akar yang kuat,” Alberta menekankan.

Sebab, rambut rontok tidak saja mengganggu penampilan, tapi juga punya dampak terhadap psikologis seorang wanita.

“Wanita menjadi tidak nyaman, kurang percaya diri, dan cenderung pasif di tempat kerja maupun di dalam pergaulan,” ujarnya.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut

Sumber Artikel Liputan 6