Dapat Mengobati Diabetes, Ini 7 Manfaat Daun Sirsak Bagi Tubuh

Posted on

Dapat Mengobati Diabetes, Ini 7 Manfaat Daun Sirsak Bagi Tubuh

Dapat Mengobati Diabetes, Ini 7 Manfaat Daun Sirsak Bagi Tubuh steemit.com

Meski berasal dari Karibia, Amerika Tengah, namun buah sirsak juga mudah didapatkan di Indonesia. Buah yang memiliki rasa manis dan asam yang menyegarkan ini, ternyata tak hanya dikonsumsi pada bagian daging buahnya saja lho, namun bagian daunnya juga sering dikonsumsi oleh banyak orang, karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Banyak orang mengonsumsi daunnya dengan cara merebusnya, kemudian diminumnya sisa air rebusan daun sirsak tadi untuk dijadikan sebagai obat penyakit tertentu. Daun sirsak mengandung banyak senyawa yang baik bagi tubuh. Nah, berikut ini ulasan tujuh manfaat daun sirsak bagi tubuh.

1. Mengobati diabetes

Dapat Mengobati Diabetes, Ini 7 Manfaat Daun Sirsak Bagi Tubuhthetimesweekly.com

Salah satu manfaat daun sirsak yang paling besar bagi tubuh adalah dapat mengobati diabetes. Banyak orang mengonsumsinya dengan merebusnya, kemudian meminum air rebusan daun sirsak tadi dan menjadikannya sebagai obat. Air rebusan daun sirsak mengandung antioksidan yang tinggi, seperti senyawa saponin, polifenol dan juga senyawa bioflavonoid, yang terbukti bisa menstabilkan jumlah kadar gula darah pada tubuh dan juga bisa membuat kadar gula darah menjadi normal.

2. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Dapat Mengobati Diabetes, Ini 7 Manfaat Daun Sirsak Bagi Tubuhepochtimes.com

Ternyata rutin mengonsumsi air rebusan daun sirsak setiap hari dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, sehingga menurunkan resiko seseorang terkena kanker lho. Hal tersebut dapat terjadi karena daun sirsak mengandung actogenin, yang merupakan senyawa aktif yang bisa menghambat pertumbuhan sel kanker, sehingga dapat menurunkan resiko seseorang terkena kanker dan juga dapat mengobati pasien yang menderita kanker.

Selain itu, kandungan antioksidan dan senyawa yang ada pada daun sirsak, juga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, perkembangan tumor, virus dan juga bakteri.

3. Menurunkan kolestrol

Dapat Mengobati Diabetes, Ini 7 Manfaat Daun Sirsak Bagi Tubuhdrweil.com

Tak hanya mampu menghambat pertumbuhan sel kanker saja, namun daun sirsak juga dapat menurunkan kadar kolestrol yang tinggi dalam tubuh. Kandungan antioksidan yang tinggi pada daun sirsak dapat melawan kolestrol jahat yang ada dalam tubuh. Selain itu, kandungan antioksidan yang tinggi pada daun sirsak juga dapat mengontrol kadar kolestrol, sehingga tubuh tidak akan mengalami kelebihan kolestrol.

Baca Juga: Selain Menyedapkan Masakan, Ini 5 Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan

4. Mengatasi asam urat

Dapat Mengobati Diabetes, Ini 7 Manfaat Daun Sirsak Bagi Tubuhortopedia41.com
Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editors’ picks

  • 10 YouTubers Mukbang dengan Subscriber Jutaan, Kontennya Bikin Laper! 
  • 5 Jenis Sarapan Enak, Namun Buat Tubuh Kamu Semakin Melemah 
  • 6 Dessert Cheesecake yang Menggoda Banget, Gak Hanya Berbentuk Kue 

Tak hanya bisa menurunkan kolestrol saja, mengonsumsi air rebusan daun sirsak juga bisa meringankan rasa nyeri yang disebabkan oleh asam urat lho, mengapa bisa? Karena daun sirsak mengandung annocatalin, caclourin, cetogenin, asam linoneat dan asam gentisic yang telah terbukti ampuh dapat mengobati asam urat.

5. Menghilangkan komedo

Dapat Mengobati Diabetes, Ini 7 Manfaat Daun Sirsak Bagi Tubuhjournal.sociolla.com

Komedo yang membandel di area wajah, seperti hidung, tentu akan membuat penampilan menjadi terganggu. Untuk mengatasinya, kamu dapat menggunakan masker dari bahan daun sirsak. Masker dengan bahan daun sirsak ini terbukti secara efektif dapat menghilangkan komedo di wajah lho, caranya? Pertama, siapkan sekitar enam lembar daun sirsak, setelah itu tumbuk hingga halus. Setelah halus, kamu dapat menyampurkannya dengan air mawar, dan oleskan pada wajah secara merata.

Diamkan selama kurang lebih 15 menit, setelah itu bilas dengan air hangat. Terapkan dengan rutin minimal seminggu dua kali setiap sebelum tidur untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selamat mencoba!

6. Mencerahkan wajah

Dapat Mengobati Diabetes, Ini 7 Manfaat Daun Sirsak Bagi Tubuhtasidola.com

Tak hanya mampu menghilangkan komedo saja, daun sirsak juga bisa mencerahkan wajah sehingga wajahmu akan tampak lebih glowing. Caranya sangat mudah lho, yaitu siapkan 8 lembar daun sirsak, kemudian tumbuk hingga halus. Setelah itu, campurkan dengan sedikit air, dan oleskan pada wajah hingga merata. Tunggu hingga kering, dan bilas dengan menggunakan air hangat.

Selain dibuat masker, kamu juga dapat mengonsumsinya dengan cara meminum air rebusan dari daun sirsaknya. Caranya mudah lho, yaitu rebus 8 lembar daun sirsak dengan 3 gelas air, tunggu hingga mendidih dan tersisa satu gelas saja. Setelah itu baru bisa kamu nikmati air rebusan daun sirsak tersebut. Lakukan rutin setiap pagi hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

7. Mengurangi tanda-tanda penuaan

Dapat Mengobati Diabetes, Ini 7 Manfaat Daun Sirsak Bagi Tubuhbenhil.net

Tak hanya mampu mencerahkan wajah saja, daun sirsak juga dapat mengurangi tanda-tanda penuaan lho, mengapa bisa? Karena daun sirsak mengandung asam askorbat dan vitamin C yang tinggi, yang keduanya bersifat antioksidan dalam tubuh, sehingga dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan seperti kerutan dan pigmentasi pada kulit wajah.

Agar dapat mendapatkan manfaat daun sirsak untuk mengurangi tanda-tanda penuaan dini ini, kamu dapat mengaplikasikan daun sirsak sebagai masker wajah, atau juga bisa mengonsumsinya dengan cara meminum air rebusan dari daun sirsak tersebut. Terapkan rutin dua hari sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Nah, Itulah tujuh manfaat daun sirsak untuk tubuh, yang ternyata tak hanya baik untuk kesehatan, namun juga bermanfaat untuk kecantikan. Sudah pernah mencobanya?

Baca Juga: Manis Asam, Ini 10 Fakta Jeruk Kino Pakistan yang Kian Digemari

eliza ustman Photo Community Writer eliza ustman

humble and strong women

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Dari Publikasi IDNTimes