4 Minuman Ini Ternyata Hambat Penyerapan Zat Besi

Posted on

4 Minuman Ini Ternyata Hambat Penyerapan Zat Besi

4 Minuman Ini Ternyata Hambat Penyerapan Zat Besi Pixabay/Jill111

Zat besi adalah kandungan makanan yang penting untuk tubuh. Zat besi berperan dalam pembentukan hemoglobin darah. Hemoglobin berfungsi untuk mengangkut oksigen yang kemudian diedarkan ke seluruh tubuh sehingga tubuh tidak kekurangan oksigen. Jika kekurangan hemoglobin maka akan menyebabkan anemia. Oleh karena itu mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi itu penting. Zat besi banyak terkandung dalam daging merah, hati, seafood dan sayuran hijau seperti brokoli dan bayam. Namun penyerapan zat besi akan terhambat jika kamu minum minuman ini setelah makan:

1. Teh

4 Minuman Ini Ternyata Hambat Penyerapan Zat BesiMerdeka.com

Apakah kamu pecinta teh? Apalagi sekarang banyak varian teh yang menarik untuk dicoba. Namun sebaiknya kamu tidak minum teh setelah makan. Di Indonesia minum teh bersamaan dengan makan adalah hal yang sering kita temui, kebiasaan ini harus diubahi. Di dalam teh terdapat zat yang bernama tannin. Zat tersebut akan mengikat zat besi dalam makanan sehingga menghambat penyerapan zat besi dalam tubuh. Jadi, jangan lagi minum teh setelah makan ya.

2. Kopi

4 Minuman Ini Ternyata Hambat Penyerapan Zat Besibbc.com

Kopi tak kalah nikmat dari teh. Di Indonesia terdapat bermacam jenis kopi yang patut dicoba. Varian minuman kopi pun banyak dan menarik. Namun dalam kopi terdapat zat bernama polifenol yang menghambat penyerapan zat besi. Jadi sebaiknya jangan minum kopi setelah makan ya.

Baca Juga: 5 Lauk Kering Penyelamat Anak Kost, Gizi Terpenuhi Walau Sibuk Sendiri

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editors’ picks

  • 10 YouTubers Mukbang dengan Subscriber Jutaan, Kontennya Bikin Laper! 
  • 5 Jenis Sarapan Enak, Namun Buat Tubuh Kamu Semakin Melemah 
  • 6 Dessert Cheesecake yang Menggoda Banget, Gak Hanya Berbentuk Kue 

3. Susu

4 Minuman Ini Ternyata Hambat Penyerapan Zat Besicnn indonesia

Kandungan kalsium yang tinggi dalam susu bisa menghambat penyerapan zat besi. Jadi, hentikan kebiasaan minum susu setalah makan ya. Terutama untuk anak-anak yang lebih sering minum susu. Anak-anak lebih banyak membutuhkan zat besi daripada orang dewasa.

4. Coklat

4 Minuman Ini Ternyata Hambat Penyerapan Zat Besichocobagus.com

Siapa yang tidak suka coklat? Kebanyakan orang pasti menyukai coklat. Sekarang juga sudah banyak minuman coklat dengan berbagai varian yang menarik. Namun, seperti kopi, coklat juga mengandung polifenol yang menghambat penyerapan zat besi. Jadi, hindari minum coklat setelah makan ya.

Bukan berarti kamu harus menghindari teh, kopi, susu, dan coklat ya. Kamu tetap bisa mengkonsumsinya, namun tidak bersamaan dengan waktu makan. Sebaiknya setelah makan kamu minum air putih saja, atau jus buah yang banyak mengandung vitamin C, karena vitamin C dapat membantu penyerapan zat besi.

Baca Juga: 5 Resep Masakan Rumahan dengan Modal Rp10 Ribu, Gizinya Tinggi Lho

Wiwit Widiastuti Photo Community Writer Wiwit Widiastuti

Full time mother, part time doctor. Lulusan kedokteran Unpad yang lebih senang menghabiskan waktu bersama keluarga, hobi membaca dan menulis. Terima Kasih buat yang sudah membaca tulisan saya, semoga bermanfaat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Dari Publikasi IDNTimes