Menjajal ketangguhan Nissan Terra

Posted on

Menjajal ketangguhan Nissan Terra

Menjajal ketangguhan Nissan Terra

Umum

Nissan Terra (ANTARA News/Chairul Rohman)
Nissan Terra yang pertama kali diperkenalkan pada pameran otomotif terbesar di Indonesia yakni Gaikindo Indonesia International Auto Show 2018 (GIIAS), telah membuat persaingan pada pasar SUV dalam negeri semakin menarik.

Terra sebagai pendatang baru, memang dibekali beragam fitur yang menarik dan tidak kalah dengan dua kompetitor besarnya yang memang sudah terlebih dahulu meramaikan pasar Indonesia. 

Terra mempunyai modal dari segi performa, tampilan dan kenyamanan yang diklaim tidak kalah dan siap untuk bertarung dengan para pesaingnya yakni Pajero Sport dan Fortuner.

Tidak hanya sampai di situ, Nissan Terra juga dibanderol dengan harga bersaing di antara kompetitornya, mulai dari Rp460 juta, masih di bawah harga dua kompetitor utamanya itu.

Saat Antara diberikan kesempatan untuk mencoba kendaraan Sport Utility Vehicle (SUV) dalam acara Media Experience oleh Nissan Mobil Indonesia, kesan pertama yang terlintas ialah kesan yang gagah nan mewah ketika melihatnya dari sisi luar.

Saat masuk ke kabin, tampak dashboard SUV ini berdesain cukup modern dan memiliki banyak instrumen digital dengan tempat duduk yang nyaman dengan pengaturan kursi pengemudi elektrik.

Beberapa fitur bantuan pengemudi dan keamanan yang dipunyai Nissan Terra antara lain Lane Departure Warning, yang memberikan peringatan kepada pengendarai ketika tanpa sengaja kendaraan akan keluar jalur, kemudian Blind Spot Warning sebagai pengingat ketika ada objek melintas di area blind spot. Lalu ada Intelligent Rear View Mirror (IRVM)–diklaim yang pertama di Indonesia–, yang memberi pengemudi pemandangan sisi belakang mobil tanpa terhalang melalui LCD monitor pada kaca rear view.
 

Nissan Terra (ANTARA News/Chairul Rohman)

Mengendarai SUV dengan penggerak 4×2 di jalan raya kawasan BSD dalam lintasan kurang lebih 2 km, terasa sekali keunggulan dari fitur-fitur yang dimiliki Terra.

Nissan Terra dibekali mesin diesel berkapasitas 2.500 DOHC empat silinder yang menghasilkan tenaga maksimum 190 tenaga kuda dan torsi 450 Nm, dengan pilihan transmisi manual dan otomatis. Jadi untuk performa dan tenaga dari kendaraan ini tidak diragukan lagi, meski kami melewati speed track kendaraan ini masih bisa menahan goncangan dengan baik dan tetap stabil.

Di lintasan off road yang banyak rintangan dan tantangan, melewati water wading, tanjakan, turunan tajam, dan lintasan berlumpur. Dengan ground clearance 255 milimeter, Nissan Terra mampu melewati rintangan-rintangan itu dengan mudah.

Ketika melewati tanjakan, dengan fitur hill start assist, pengemudi tidak kesulitan ketika berhenti–dan fitur memberikan waktu empat detik–sebelum pedal gas diinjak untuk jalan kembali.

Di lintasan menurun, fitur hill descent control sangat membantu untuk mengontrol kendaraan secara otomatis tetap melaju dengan kecepatan konstan.

Melewati lintasan lumpur yang dimodifikasi dengan tambahan batu kerikil, Nissan Terra dapat menaklukkannya dengan mudah berkat fitur 4WD dan electronic rear differential yang menyalurkan torsi ke roda dengan praktis.

Di Indonesia, Nissan Terra ini hadir dalam lima varian warna yang berbeda yaitu, Earth Brown, Black Star, Twilight Grey, Brilliant Silver, dan White Pearl.

Baca juga: Nissan Indonesia resmikan gerai berkonsep global retail

Baca juga: Nissan Terra mulai didistribusikan kepada konsumen

Baca juga: Nissan Terra sabet bintang lima pada uji tabrak ASEAN NCAP

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2019

  • Tags
  • nissan terra
  • nissan

Sumber ArtikelAntaranews