6 Santapan Pencegah Kekambuhan Episode Pada Pengidap Skizofrenia

Posted on

6 Santapan Pencegah Kekambuhan Episode Pada Pengidap Skizofrenia

6 Santapan Pencegah Kekambuhan Episode Pada Pengidap Skizofrenia healthline.com

Singkatnya, Skizofrenia merupakan penyakit mental dimana pengidapnya kesulitan membedakan kenyataan dan khayalan. Eits, tapi bukannya orang gila seperti asumsi yang kerap berlaku oleh awam, ya. Pengidap Skizofrenia dapat menjalani keseharian layaknya orang normal, namun kadang episode-episodenya memang kambuh.

Selain terapi dan konsumsi obat-obatan, peluang kekambuhan episode pada pengidap Skizofrenia dapat pula ditekan dengan menyisipkan makanan dan minuman berikut dalam menu harian. Dilansir dari laman Easy Good Health dan Boldsky, inilah santapan yang dapat mencegah kambuhnya Skizofrenia.

1. Minyak ikan

6 Santapan Pencegah Kekambuhan Episode Pada Pengidap Skizofrenianutraingredients.com

Minyak ikan santer dikenal dengan kandungan asam lemak omega-3 yang berkhasiat untuk menguatkan fungsi otak. Tak hanya itu, minyak ikan ternyata juga dapat mengurangi gejala kekambuhan pada Skizofrenia, lho. Pasalnya, kandungan di dalamnya berperan dalam mengendalikan emosi.

2. Kapulaga

6 Santapan Pencegah Kekambuhan Episode Pada Pengidap Skizofreniadeherba.com

Kapulaga memiliki zat alami yang dapat mengontrol jaringan syaraf yang kerap memicu kambuhnya Skizofrenia. Alhasil, keseimbangan emosi pada pengidapnya pun dapat lebih stabil. Konsumsilah kapulaga sebagai minuman herbal, yakni mencampur segelas air panas dengan satu sendok teh bubuk kapulaga hijau.

3. Teh chamomile

6 Santapan Pencegah Kekambuhan Episode Pada Pengidap Skizofreniahealthline.com

Mengkonsumsi teh chamomile setiap hari dapat menenangkan otak, meningkatkan mood, serta membantu meningkatkan kualitas tidur. Inilah mengapa teh ini sangat direkomendasikan untuk pengidap Skizofrenia.

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editors’ picks

  • 7 Ciri-ciri Kanker Kelenjar Getah Bening yang Jarang Disadari Pasien
  • 10 Fakta Kenapa Makan Makanan Pedas Bikin Ingusan dan Mata Juga Berair
  • 12 Cara Menghilangkan Kutil Secara Alami, Gak Bikin Kamu Insecure Lagi

Baca Juga: Supaya Gak Gagal Paham, Mari Luruskan 6 Mitos Tentang Skizofrenia Ini!

4. Kemangi

6 Santapan Pencegah Kekambuhan Episode Pada Pengidap Skizofreniaresepkoki.id

Daun kemangi merupakan agen anti-oksidan yang sangat diperlukan oleh pengidap Skizofrenia. Pasalnya, daun kemangi dapat meningkatkan fungsi otak, sehingga episode kekambuhan Skizofrenia pun dapat diminimalisir.

5. Wortel

6 Santapan Pencegah Kekambuhan Episode Pada Pengidap Skizofreniahealthline.com

Adalah kandungan niacin alias vitamin B3 di dalamnya yang berfungsi untuk melawan kambuhnya gejala Skizofrenia. Nah, sisipkan saja wortel tersebut ke dalam beragam menu masakan, ataupun diolah sebagai jus. 

6. Susu kacang kenari

6 Santapan Pencegah Kekambuhan Episode Pada Pengidap Skizofreniathespruceeats.com

Kandungan asam lemak omega-3 pada kacang kenari tersebut berperan sebagai nutrisi yang mampu menyehatkan otak. Minumlah 4 gelas susu kacang kenari setiap hari, dengan komposisi per gelasnya adalah minimal 15 biji almond, 1 sendok makan madu, dan segelas air. 

Baca Juga: Seperti Apa Rasanya Menjadi Orang yang Menderita Skizofrenia?

Rahmadila Eka Putri Photo Community Writer Rahmadila Eka Putri

Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Telah dipublish di lIDNTimes