Bukan dengan Uang, 5 Kafe Ini Punya Cara Bayar yang Unik Lho!

Posted on

Bukan dengan Uang, 5 Kafe Ini Punya Cara Bayar yang Unik Lho!

Bukan dengan Uang, 5 Kafe Ini Punya Cara Bayar yang Unik Lho! Unsplash/@mariogogh

Slogan uang tak bisa membayar semuanya sepertinya memang diseriusin oleh pemilik tempat makan ini. Kenapa? Karena kalau kamu makan di tempat-tempat ini uang bukanlah alat pembayaran yang utama.

Bukan sekadar membuat kenyang, beberapa tempat makan ini justru mengajarkan hal yang lebih utama dibandingkan uang. Apa saja sih? Berikut beberapa kafe yang punya cara bayar yang unik.

1. Bayar dengan unggah foto di The Birds Eye Picture House

Bukan dengan Uang, 5 Kafe Ini Punya Cara Bayar yang Unik Lho!slice.co.uk

Buat kamu para millennials, pasti sering makan di restoran tapi makanannya tidak langsung dimakan melainkan difoto dulu lalu di upload ke media sosial. Karena melihat kebiasaan seperti ini, akhirnya ada sebuah kafe di London yang punya ide unik. Selain dengan uang, makanan di sini juga bisa kamu bayar dengan foto yang di-upload ke media sosial dengan hastag #BirdsEyeInspirations.

Cara pembayaran ini tidak hanya menguntungkan kamu aja lho, tapi juga pemilik kafe tentunya. Karena semakin banyak pengunjung yang upload, maka semakin banyak pula orang yang tahu dan tertarik untuk datang lalu mencoba makanan di sana.

2. Bayar dengan kerja di La Trobada Restaurant, Spanyol

Bukan dengan Uang, 5 Kafe Ini Punya Cara Bayar yang Unik Lho!unsplash/@@lexie_barnhorn

Restoran La Trobada ini tepatnya ada di Spanyol. Restoran ini dibuat karena sang owner berpikir tidak semua orang beruntung bisa mendapatkan pekerjaan. Kalau tidak bekerja, mereka tidak akan bisa makan. Itulah alasannya kenapa restoran ini didirikan, supaya mereka yang kurang beruntung bisa tetap kenyang walaupun belum punya pekerjaan.

Kamu hanya perlu bekerja sebagai koki ataupun pelayan di kafe ini selama satu jam dan mendapatkan makanan gratis. Seru ya!

Baca Juga: Selain Jajan, 5 Alasan Anak Muda Doyan Nongkrong di Kafe

3. Bayar sesuai waktu di kafe Ziferblat

Bukan dengan Uang, 5 Kafe Ini Punya Cara Bayar yang Unik Lho!sprudge.com
Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editors’ picks

  • 10 Oleh-oleh Khas Sidoarjo yang Enak, Harganya Mulai Rp10 Ribu
  • 10 Tempat Wisata Kuliner di Tangerang Paling Enak, Kamu Wajib ke Sini!
  • Sekilas Tampak Sama, Ternyata Ini Lho Bedanya Rempah dengan Bumbu

Lalu ada Ziferblat yang sudah punya 12 cabang di Rusia nih. Restoran ini juga tidak kalah unik, karena mau makan atau minum sebanyak apa pun semuanya gratis, ditambah dengan fasilitas wifi yang tentunya gratis juga. Bukan makanan yang nantinya kamu bayar tapi waktu yang kamu habiskan disanalah yang harus kamu bayar.

Ifan Martin, selaku pemilik kafe merasa selain sebagai tempat makan. kafe ini juga bisa menjadi tempat ngumpul, meeting dan menghabiskan waktu luang. Kamu juga bisa menikmati suasana cafe tanpa harus tertekan dengan harga makanannya.

Suasana kafe dibangun dengan nyaman dan sangat kondusif, sehingga cocok untuk mengerjakan tugas atau hanya sekedar bersantai. 

4. Bayar dengan jujur di Honesty Coffee Shop)

Bukan dengan Uang, 5 Kafe Ini Punya Cara Bayar yang Unik Lho!thepoortraveler.net

Mau nyobain sensasi ngopi di tempat orang jujur semua? Bisa banget tuh! Kafenya ada di Batanes, Filipina. Di kafe ini kamu wajib melayani diri sendiri alias self service. Kalau sudah selesai makan atau minum kamu hanya harus menyimpan uangnya di box yang sudah disediakan, sesuai dengan harga yang tercantum di papan harga.

Yang lebih luar biasa lagi, di kafe ini kamu tidak akan menemukan kamera CCTV. Jadi benar-benar mengajarkan kita supaya jujur. Ini sih keren banget ya!

5. Bayar secara sukarela di EAT Cafe

Bukan dengan Uang, 5 Kafe Ini Punya Cara Bayar yang Unik Lho!Paxels/@bruce mars

Kemudian ada EAT Cafe di Philadhelphia, Amerika Serikat. Kafe ini memiliki konsep bayar yang unik karena pengunjung bisa membayar makanan sesuai dengan harga yang diinginkan. Bahkan kalau tidak punya uang, maka tidak perlu membayar makanan.

Setelah selesai makan, pengunjung akan diberikan struk tanda terima yang bertuliskan “itu adalah harga yang disarankan, silahkan tulis jumlah yang ingin anda bayar”.

Sang pemilik kafe, Mariana Chilton mengatakan bahwa tidak semua orang bisa memakan makanan yang bergizi di tempat yang mewah, dari situlah ide ini bermula.

Wah, konsepnya menarik-menarik dan bikin pengunjung betah berlama-lama menghabiskan waktu di kafe. Karena memang di era millennial seperti sekarang ini, kafe bukan hanya berfungsi sebagai tempat makan saja tapi juga tempat nongkrong, kumpul bareng teman, ataupun bekerja. Kalau di Indonesia, ada konsep bayar kafe yang kayak gimana ya?

Baca Juga: 9 Kafe Thematic Unik di Yogyakarta yang Cocok buat Foto Prewed

Pia apriani Photo Community Writer Pia apriani

manusia yang punya ketertarikan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Dari Publikasi IDNTimes