Kenali Cara Mengidentifikasi Penyakit Langka

Posted on

Kenali Cara Mengidentifikasi Penyakit Langka

https: img.okeinfo.net content 2019 02 27 481 2023632 kenali-cara-mengidentifikasi-penyakit-langka-QYOMhCzHFm.jpg Penyakit langka (Foto:Ist)


BERITA TERKAIT +
  • Cerita Agus yang Anaknya Idap Penyakit Langka, Bolak-balik RS hingga Salah Diagnosis
  • Biaya Pengobatan Penyakit Langka Rp6 Miliar Setahun, Ditanggung BPJS Kesehatan?
  • 5 Penyakit Langka di Indonesia, Ada yang Serang Bayi Baru Lahir!

PENYAKIT  tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan manusia. Semakin berkembangnya zaman, beragam penyakit pun turut bermunculan. Bahkan tidak menutup kemungkinan timbul beraneka penyakit langka.

Berdasarkan European Organization for Rare Disease (EURORDIS), penyakit langka kerap disebut Rare Disease. Ini adalah sebuah penyakit yang jumlah penderitanya sangat sedikit apabila dibandingkan dengan jumlah populasi pada umumnya.

Dokter bagian Nutrisi dan Penyakit Metabolik RSCM, Dr. dr. Damayanti Rusli Sjarif, SpA (K) menegaskan ada beberapa metode yang bisa digunakan untuk mengetahui sebuah penyakit termasuk dalam kategori langka atau tidak.

 

“Cara menentukan sebuah penyakit termasuk langka atau tidak adalah dengan diagnostik. Jika penderitanya di bawah 2000 orang di suatu negara, maka itu bisa disebut dengan penyakit langka,” ucap dr Damayanti, saat diwawancarai Okezone di bilangan Jakarta Timur, Rabu (27/2/2019).

Baca Juga:

Mengenal Kakak Kandung Reino Barack yang Menikah dengan Sutradara Gareth Evans

5 Foto Kegalauan Luna Maya, Detik-Detik Reino Barack Persunting Syahrini Jadi Istri

Berdasarkan data yang diperoleh di Asia Tenggara, lebih dari 45 juta orang atau sekira 9 persen dari populasinya menderita penyakit langka. Penyakit ini biasanya bersifat kronis, progresif dan mengancam kehidupan penderita.

Dokter Damayanti mengatakan 50 persen penderita penyakit langka berusia kurang dari 19 tahun. Di mana 30 persen diantaranya meninggal dunia sebelum mencapai usia lima tahun. Tentunya ini adalah sebuah pukulan berat dalam dunia medis, untuk terus berinovasi mencari cara penyembuhan penyakit langka tersebut.

 

Tak hanya itu, dr Damayanti juga mengatakan bahwa 80 persen penyebab dari penyakit langka disebabkan oleh kelainan genetik. Perkawinan sedarah juga turut memainkan peran dalam potensi timbulnya penyakit langka tersebut.

“80 persen penyakit rare adalah genetik. Lima persen dari pasien ada obatnya. Jika obat bisa diberikan dengan cepat dan mudah, maka anak-anak bisa diobati dan kembali layaknya manusia normal,” tandasnya.

(ndr)

  • TAG :
  • Anak dengan Penyakit Langka
  • penyakit langka

Telah dipublish di lOkezone