Dianggap Sepele, 5 Penyebab Kamu Merasa Pusing Setelah Konsumsi Daging

Posted on

Dianggap Sepele, 5 Penyebab Kamu Merasa Pusing Setelah Konsumsi Daging

Dianggap Sepele, 5 Penyebab Kamu Merasa Pusing Setelah Konsumsi Daging pexels/Snapwire

Daging merupakan salah satu makanan terlezat di dunia, apalagi bila disuguhkan dengan berbagai macam bumbu seperti rempah-rempah. Bahkan salah satu makanan khas asal Indonesia yakni rendang dijadikan sebagai makanan terlezat di dunia.

Tapi ternyata konsumsi daging dapat menyebabkan sakit kepala yang seringnya gak kamu sadari. Berikut lima penyebab yang harus kamu cari tahu, yuk simak!

1. Kamu banyak mengkonsumsi makanan mengandung zat besi

Dianggap Sepele, 5 Penyebab Kamu Merasa Pusing Setelah Konsumsi Dagingpexels/Snapwire

Daging merupakan salah satu makanan yang mempunyai zat besi yang tinggi. Saat kamu terlalu sering makan daging apalagi daging merah bisa saja kamu merasa pusing karena kandungan zat besi di tubuhmu tinggi.

Salah satu penyakit yang menyerap kadar zat besi terlalu tinggi adalah hematokromatosis. Penyakit ini membuatmu merasa pusing dan sakit kepala. Nah oleh karena itu sebaiknya kamu konsumsi daging secukupnya saja tak perlu berlebihan.

2. Daging merah memproduksi tyramin

Dianggap Sepele, 5 Penyebab Kamu Merasa Pusing Setelah Konsumsi DagingPexels/Pixabay

Tyramin merupakan suatu zat yang diproduksi juga di dalam daging. Konon senyawa ini menyebabkan migrain dan kepala pusing. Ketika daging yang akan dimasak tidak dikemas dengan baik, tentunya daging tersebut memicu tumbuhnya tyramin.

Saat kondisi tubuhmu kurang fit dan kamu mengkonsumsi daging yang kadar tyraminnya banyak jangan heran kamu akan merasa pusing.

Baca Juga: 7 Makanan Enak yang Bisa Menggantikan Daging, Lebih Sehat Lho!

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editors’ picks

  • 5 Olahan Lezat Frozen Fruits yang Dibalur Cokelat, Kesukaan Anak-Anak!
  • Gak Cuma Diminum, 7 Camilan Berbahan Dasar Susu Ini Juga Enak Banget!
  • Millennials Kecanduan Pesan Antar Makanan, Hemat Waktu atau Malas?

3. Terdapat nitrat pada daging merah tersebut

Dianggap Sepele, 5 Penyebab Kamu Merasa Pusing Setelah Konsumsi DagingPexels/Dana Tentis

Saat daging hendak diawetkan dan dibuat berbagai macam olahan seperti nugget, sosis atau kornet biasanya nitrat ditambahkan ke daging tersebut. Nitrat berfungsi sebagai pengawet daging sehingga daging tersebut bisa digunakan lebih lama.

Nitrat yang ditambahkan ke daging sering berubah komposisinya menjadi nitrat dioksida dan zat inilah yang menyebabkan berbagai macam masalah untuk tubuh salah satunya hipertensi dan migrain.

4. Rahang bekerja dengan keras

Dianggap Sepele, 5 Penyebab Kamu Merasa Pusing Setelah Konsumsi DagingPexels/matheus bertelli

Beberapa daging seringnya tak dimasak dengan sempurna dan masih keras ketika dikonsumsi. Sehingga hal ini menyebabkan rahang bekerja terlalu keras dan memicu terjadinya sakit kepala. Apalagi bila kamu terlalu sering mengkonsumsi daging merah seperti setiap harinya misalnya. Otomatis kamu akan merasa pusing dan migrain, oleh karena itu lebih baik tak berlebihan dalam konsumsi daging.

5. Tekanan darah menjadi tinggi

Dianggap Sepele, 5 Penyebab Kamu Merasa Pusing Setelah Konsumsi DagingPexels/Juan Pablo

Daging merah pun bisa menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi karena kandungan kolesterolnya yang tinggi. Tekanan darah yang tinggi tentu akan memicu penyakit hipertensi dan salah satu indikasi yang akan kamu rasakan adalah sakit kepala. Namun jangan buru-buru mendiagnosis sakit kepala yang kamu rasakan adalah karena hipertensi dan periksakan dulu ke dokter.

Nah sudah tahu kan?

Baca Juga: Kamu Penyuka Steak? 5 Tingkat Kematangan Daging Ini Wajib Kamu Pahami

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung. Email : shalihaindah@gmail.com. Follow my instagram: instagram.com/indahshaliha. Thanks for reading my articles

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Dari Publikasi IDNTimes