Mengejutkan, 6 Buah Ini Punya Khasiat Ajaib Selain dari Daging Buahnya

Posted on

Mengejutkan, 6 Buah Ini Punya Khasiat Ajaib Selain dari Daging Buahnya

Mengejutkan, 6 Buah Ini Punya Khasiat Ajaib Selain dari Daging Buahnya ivfbabble.com

Konsumsi buah dalam porsi cukup akan menyumbang efek positif bagi kesehatan tubuh. Nah, usut punya usut, ternyata beberapa buah disinyalir memiliki khasiat mujarab tak hanya pada bagian daging buahnya saja, lho. Mulai dari kulit, biji, hingga helai seratnya.

Yuk, simak lansiran dari laman Reader’s Digest dan Step to Health berikut! Lain kali, jangan malah membuang bagian-bagian tesebut, ya.

1. Pisang

Mengejutkan, 6 Buah Ini Punya Khasiat Ajaib Selain dari Daging Buahnyaecowatch.com

Jika bagian daging buahnya dikenal akan triptofan yang ampuh mengatasi bad mood, maka kulit pisang mengandung berbagai senyawa bioaktif seperti saponin yang dapat memutihkan gigi. Pastikan mencuci kulit pisang hingga bersih sebelum memakannya, untuk meminimalisir sisa pestisida. Kulit pisang tersebut dapat diolah dengan cara diblender bersama dagingnya.

2. Nanas

Mengejutkan, 6 Buah Ini Punya Khasiat Ajaib Selain dari Daging Buahnyasnaped.fns.usda.gov

Inti nanas memiliki banyak vitamin dan mineral yang tak kalah dari dagingnya. Fungsinya beragam, mulai dari mengurangi peradangan pada hidung dan sinus, hingga mengatasi radang sendi dan nyeri otot. Nah, potonglah bagian inti tersebut ke dalam ukuran kecil, lalu campurkan bersama aneka buah lainnya sebagai menu salad.

3. Jeruk

Mengejutkan, 6 Buah Ini Punya Khasiat Ajaib Selain dari Daging Buahnyapittmandavis.com

Ternyata, konsentrasi senyawa flavonoid tertinggi jusru terdapat dalam kulit jeruk, lho. Salah satu yang paling berkhasiat adalah naringenin, untuk memperbaiki kerusakan DNA sehingga potensinya berkembang menjadi kanker dapat disiasati. Nah, tambahkan saja kulit jeruk sebagai pelengkap bumbu masakan. Citarasanya akan menjadi lebih khas, deh.

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editors’ picks

  • 7 Makanan Berbahan Jeroan yang Nikmat Gak Ada Duanya, Bikin Nagih!
  • 5 Olahan Karamel Lezat yang Akan Membuat Lidah Ketagihan, Kamu Mau?
  • Millennials Kecanduan Pesan Antar Makanan, Hemat Waktu atau Malas?

Baca Juga: 5 Buah Wajib Dikonsumsi Saat Hamil, Bisa Bikin ASI Lancar Juga Lho

4. Semangka

Mengejutkan, 6 Buah Ini Punya Khasiat Ajaib Selain dari Daging Buahnyaevenimente.md

Selain daging buahnya, kulit dan biji pada semangka juga memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Terutama bagian putih pada kulitnya, yang mengandung asam amino citrulline. Kandungan ini berfungsi dalam meningkatkan sirkulasi, aliran darah, kesehatan jantung, daya tahan tubuh, serta banyak lainnya.

5. Jagung

Mengejutkan, 6 Buah Ini Punya Khasiat Ajaib Selain dari Daging Buahnyapillsbury.com

Tak hanya butir buah dan tongkolnya yang kerap diolah, rambut jagung pun tak mau ketinggalan. Pasalnya, bagian tersebut mengandung sifat antiseptik dan diuretik yang dapat mencegah infeksi terkait saluran kemih. Nah, olah saja rambut jagung itu sebagai teh, guys.

6. Kiwi

Mengejutkan, 6 Buah Ini Punya Khasiat Ajaib Selain dari Daging Buahnyaitaliafeed.com

Kulit kiwi yang kasar ini memiliki kandungan serat dan vitamin C yang melebihi daging buahnya, lho. Hilangkanlah bulu-bulu halus pada kulitnya dengan digosok perlahan menggunakan tisu, sikat kecil, handuk bersih, atau sendok. Kemudian, makanlah seperti biasa. Alternatif lain, tambahkan saja kiwi yang telah dibersihkan itu ke dalam smoothie.

Wah, ternyata bagian-bagian buah yang kerap dianggap sepele tersebut menawarkan segudang khasiat hebat bagi tubuh. Eits, akan tetapi, alangkah baiknya dikonsultasikan dengan doktermu untuk menekan efek samping terhadap kondisi spesifik tubuhmu, ya.

Baca Juga: Rupanya 8 Khasiat Ini yang Bikin Buah Ciplukan Kini Dijual Mahal

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Dari Publikasi IDNTimes