10 Oleh-oleh Khas Bogor yang Wajib Kamu Bawa Pulang, Awas Ketagihan!

Posted on

10 Oleh-oleh Khas Bogor yang Wajib Kamu Bawa Pulang, Awas Ketagihan!

10 Oleh-oleh Khas Bogor yang Wajib Kamu Bawa Pulang, Awas Ketagihan! Instagram.com/putritaruno

Selain berkunjung ke destinasi wisata dan menikmati kuliner di Bogor, jangan lupa membawa pulang oleh-oleh khasnya. Kota Hujan punya banyak pilihan buah tangan menarik dan sebagian besar berupa makanan.

Gak perlu bingung mencarinya, kamu bisa menemukannya dengan mudah di toko oleh-oleh yang ada di sana, baik di pusat oleh-oleh atau di area wisata. Tapi kalau kamu bingung sama banyaknya pilihan yang disediakan, ini 10 rekomendasi oleh-oleh khas Bogor yang bisa kamu jadikan pertimbangan.

1. Lapis talas Bogor

10 Oleh-oleh Khas Bogor yang Wajib Kamu Bawa Pulang, Awas Ketagihan!Instagram.com/sibungbung

Kalau Kota Pahlawan punya Lapis Surabaya, di sini ada lapis Bogor. Uniknya, kue lapis ini memakai campuran talas sebagai bahannya, salah satu umbi yang banyak ditemukan di Bogor.

Salah satu merek yang paling ramai dicari adalah Lapis Bogor Sangkuriang di Jalan Sholeh Iskandar. Banyak varian yang bisa kamu pilih di sana, mulai dari original, full talas, sampai teh hijau keju.

2. Bika talas

10 Oleh-oleh Khas Bogor yang Wajib Kamu Bawa Pulang, Awas Ketagihan!Instagram.com/putritaruno

Masih seputar olahan talas, ada lagi nih kue unik berbahan umbi khas Bogor, yakni bika talas. Kalau selama ini kita kenalnya bika Ambon asal Medan, bika talas ini oleh-oleh yang cukup terkenal di Bogor. Kamu bisa datang dan membeli langsung di outlet Bika Bogor Talubi di Komplek Ruko Perkantoran Jalan Raya Pajajaran Nomor 20M, Baranangsiang, Bogor.

3. Spikoe roll

10 Oleh-oleh Khas Bogor yang Wajib Kamu Bawa Pulang, Awas Ketagihan!Instagram.com/henjiwong

Kalau biasanya kue spikoe bentuknya berlapis, Bogor punya bolu spikoe roll nih. Kue satu ini menggunakan adonan spikoe pada umumnya, hanya saja dalam setiap gulungan terdapat berbagai macam isian. Mulai dari keju, cokelat, srikaya durian, sampai Nutella.

4. Roti Unyil Venus

10 Oleh-oleh Khas Bogor yang Wajib Kamu Bawa Pulang, Awas Ketagihan!ramesia.com

Roti Unyil Venus jadi salah satu oleh-oleh yang wajib kamu bawa pulang ketika main ke Bogor. Roti legendaris ini berukuran imut gak lebih dari 5 cm, sehingga dinamakan roti Unyil.

Dalam satu kotaknya, kamu bisa memilih banyak varian rasa sekaligus, mulai dari keju, sosis, moka, stroberi, abon, sampai roti edisi KitKat. Langsung saja pergi ke tokonya di Ruko V – Point, Jalan Raya Pajajaran Nomor 1 atau Jalan Siliwangi Nomor 27E , Sukasari.

5. Banana Cheese Cake

10 Oleh-oleh Khas Bogor yang Wajib Kamu Bawa Pulang, Awas Ketagihan!Instagram.com/bikabogor

Selain talas, olahan buah pisang juga banyak kita temukan di Bogor. Tapi kalau kamu lebih suka kue kekinian yang unik, Banana Cheese Cake Talubi bisa jadi pilihanmu. Cheesecake ini hadir dengan kulit pie berbentuk pisang dengan berbagai rasa, seperti original, stroberi, dan cokelat.

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editors’ picks

  • Millennials Kecanduan Pesan Antar Makanan, Hemat Waktu atau Malas?
  • 7 Resep Es Krim Rendah Kalori Buat Kamu Pecinta Rasa Manis
  • 3 Resep Mudah Dessert Kekinian, Bikinnya Cuma 5 Menit Doang

6. Strudel Bogor

10 Oleh-oleh Khas Bogor yang Wajib Kamu Bawa Pulang, Awas Ketagihan!Instagram.com/jktfoodbang

Bukan cuma Malang saja yang punya oleh-oleh khas berupa strudel, di Bogor pun aja. Strudel Bogor bahkan jadi salah satu ikon di pusat oleh-oleh bernama Jumpa Bogor alias Jumbo. Tempat yang ada di Jalan Raya Pajajaran Nomor 3F, Baranangsiang, ini punya berbagai oleh-oleh khas lainnya lho.

Baca Juga: 12 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Surabaya yang Enak, Bikin Ketagihan

7. Bola susu

10 Oleh-oleh Khas Bogor yang Wajib Kamu Bawa Pulang, Awas Ketagihan!Instagram.com/nacucorn

Pernah dengar soal bola susu? Camilan manis warna-warni ini asalnya dari Lembang, tapi cukup terkenal juga di Bogor. Bola susu terdiri dari susu segar dan susu kental manis yang dicampur dengan tepung sagu dan gula. Tekturnya chewy dengan rasa susu yang manis legit.

8. Asinan Bogor

10 Oleh-oleh Khas Bogor yang Wajib Kamu Bawa Pulang, Awas Ketagihan!Instagram.com/jajanrekomen

Asinan Bogor juga jadi ikon kuliner sekaligus oleh-oleh khas Bogor. Kalau perjalanan pulangmu gak terlalu jauh, asinan ini bisa jadi pilihan. Salah satu pusat asinan Bogor yang paling legendaris adalah Asinan Sedap Gedung Dalam di Jalan Siliwangi Nomor 27C atau Ruka V Point, Jalan Pajajaran Nomor 1. Asinan ini sudah ada sejak tahun 1978, lho!

9. Talas

10 Oleh-oleh Khas Bogor yang Wajib Kamu Bawa Pulang, Awas Ketagihan!hellosehat.com

Selain kue-kue kekinian yang sudah disebutkan di atas, kamu bisa membawa pulang talas utuh untuk dimasak sendiri. Gak sulit kok menemukan penjual talas, bahkan di jalan-jalan protokol pun ada.

Banyak orang mengeluhkan talas yang bikin gatal di tangan atau saat dimakan. Tapi kamu bisa meminimalisirnya dengan memilih talas berkualitas bagus dan sudah matang. Salah satunya dari warna daging yang keabuan dan aromanya kuat.

10. Kacang Bogor

10 Oleh-oleh Khas Bogor yang Wajib Kamu Bawa Pulang, Awas Ketagihan!Instagram.com/ain_nitta

Kacang khas Bogor ini berbeda dengan kacang tanah pada umumnya, karena bentuknya bulat dengan isian berwarna ungu. Biasanya kacang rebus dijual para pedagang kaki lima, tapi kamu bisa juga menemukannya dalam rupa sudah digoreng atau dioven. Ada juga yang sudah dibumbui beraneka rasa seperti keju, BBQ, pedas, dan sebagainya.

Nah, mana nih oleh-oleh yang menurutmu paling menarik?

Baca Juga: 10 Oleh-oleh Unik Khas Lombok, Gak Cuma Dodol Rumput Laut Lho!

Dari Publikasi IDNTimes